Analisis Miskonsepsi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Kelas IV SD Negeri Cibungkul

An Analysis of Students’ Misconceptions in Solving Mathematics Problems on Quadrilateral Plane Figures in Grade IV at SD Negeri Cibungkul

Authors

  • Indri Luthfiah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Fajar Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.504

Keywords:

Miskonsepsi, Soal Matematika, Materi Bangun Datar, Segiempat

Abstract

Penelitian ini menganalisis miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Permasalahan pada penelitian ini terkait miskonsepsi dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun datar segiempat, serta penyebab dan dampaknya terhadap pemahaman konsep peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mampu meminimalisir miskonsepsi pada soal bangun datar segiempat yang dirasakan peserta didik. Peneliti juga membatasi masalah yang akan diteliti yaitu pada peserta didik kelas IV SD Negeri Cibungkul Tasikmalaya pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 30. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri Cibungkul Tasikamalaya. Variabel Independen sering disebut sebagai variabel bebas atau X “Miskonsepsi peserta didik”. Variabel dependen terikat atau Y “Bangun datar segiempat kelas IV SD Negeri Cibungkul”. Teknik pengumpulan data penelitian ini terbagi menjadi teknik tes dan non tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawwancara, dokumentasi, intrumen penelitian, dan pengembangan instrumen penelitian. Kemudian untuk selanjutnya terdapat validitas dan reliabilitas instrumen untuk menguji instrumen yang dipakai dalam penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik S6, S10, S27, dan S28 mengalami berbagai miskonsepsi pada materi bangun datar segiempat, baik klasifikasional, korelasional, maupun teoritikal, disebabkan oleh intuisi yang salah dan penalaran yang tidak lengkap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, E. A., & Meidia Sari, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(3).

Ainiyah, L. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Materi Geometri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(1).

Dahlina, S., Sunandar, A., & Kurniawan, A. D. (2019). Analisis Konsepsi Siswa dengan Three Tier Test pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas VIII SMP Negeri 10 Pontianak. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 8(2), 102.

Ginanjar Eggi G, B. D. S. S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 6(2).

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84–91.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi, Cet. 36). Remaja Rosdakarya.

Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). MISKONSEPSI SISWA SMP DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7).

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450.

Silviani, R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2017). Penerapan Three Tier-Test untuk Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Magnet. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(1), 10.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika (2nd ed.). PT. Grasindo.

Published

31-03-2025

Scite_ Smart Citation

How to Cite

Analisis Miskonsepsi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Kelas IV SD Negeri Cibungkul: An Analysis of Students’ Misconceptions in Solving Mathematics Problems on Quadrilateral Plane Figures in Grade IV at SD Negeri Cibungkul. (2025). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 10-23. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.504

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.