Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada Siswa Kelas 4 di SDN Cimapag
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.459Keywords:
Lembar Kerja Siswa, Contextual Teaching and Learning, Tumbuhan dan FungsinyaAbstract
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan alat pembelajaran yang berisi ringkasan materi dan soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi di sekolah di mana siswa sering menggunakan buku ajar yang sudah usang, bahkan beberapa mata pelajaran tidak memiliki buku ajar sama sekali. Hal ini menyebabkan proses belajar siswa kurang maksimal, dengan konsentrasi yang terpecah dan nilai yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Cimapag, dibandingkan dengan penggunaan buku ajar yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dengan desain tersebut, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki karakteristik yang sama karena pemilihan sampel dilakukan secara acak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas 4 SDN Cimapag.
Downloads
References
Agnes, S., Sintri, E., Rosalina, N., & Fitriyana, N. (2023). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis model discovery learning menggunakan Canva. Journal of Elementary School, 6(2), Article 6608. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.6608
Johnson, E. B. (2011). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna (I. Sitompul, Ed.). Kaifa.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar. Jogjakarta.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran. Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2011). Keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1-9.
Sari, S. (2021). Pentingnya menerapkan teori belajar humanistik dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada jenjang sekolah dasar. EduBase: Journal of Basic Education, 5(2), 56-65.
Rahma, D., Ilham, F., Zuzano, L., & Vermana, L. (2024). Pengembangan LKS berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII. Range: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.32938/jpm.vol5.iss2.5680
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.
Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yuliza, M., Nurhadi, N., & Nerita. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual pada materi sistem ekskresi untuk SMA. Jurnal Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Biologi, 2(2), 1-5.
Yelfiyani, Y., & Supriadi, S. (2022). Penggunaan lembar kerja siswa (LKS) materi informatika dalam pembelajaran new normal. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i2.2790
]Vitantri, C. A., ’Ulya, H., Jayus, J., & Sholihah, M. (2020). Pengembangan LKS untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar. Derivat, 7(1). https://doi.org/10.31316/J.DERIVAT.V7I1.733
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pita Pitriyanti, Anggia Suci Pratiwi, Sunanih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.