Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Banda Aceh

Implementation of the Team Game Tournament Type Cooperative Model Assisted by Puzzle Media to Improve Learning Outcomes of Grade IV Students of SDN 5 Banda Aceh

Authors

  • Raihatul Miska Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Zikra Hayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.495

Keywords:

Model Team Game Tournament, Media Puzzle, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan Observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN 5 Banda Aceh, proses pembelajaran matematika pada materi sudut yang dipelajari oleh peserta didik kelas IV masih rendah. Hal ini disebabkan bagi sebagian peserta didik belajar matematika adalah hal yang membosankan dan kurang menarik minat peserta didik sehingga peserta didik tidak bersungguh-sungguh dalam mendengar penjelasan yang dikemukakan oleh guru sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik pada materi sudut tergolong rendah karena sebagian hasil belajar belum mencapai KKTP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model TGT dengan berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I 75,23%, pada siklus II 79% dan mengalami peningkatan maksimum pada siklus III 85,7%. (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I 67,36%, siklus II 77,89% dan mengalami peningkatan maksimum siklus III 85,26%. (3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I 42,85%, siklus II 64,30% dan mengalami peningkatan maksimum pada siklus III 85,70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT dengan berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Raihatul Miska, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

    Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Banda Aceh, Indonesia

  • Zikra Hayati, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

    Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Banda Aceh, Indonesia

References

Agustin Irmawati, Dwi, ttp, Media Pembelajaran Matematika, Jawa Timur : Pemeral Edukatif

A. Octavia, Shilphy, 2020, Model-Model Pembelajaran, Yogyakarta: CV.Budi Utama

Arifin, Muhammad dan Rini Ekayati, 2021, Implementasi Metode tutor sebaya dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa, Medan: UMSU Press

Chairani, 2022, Upaya Meningkatkan kualitas pembelajaran pkn melalui metode TGT pada siswa kelas VII SMPNegeri 5 lebong tahun ajaran 2021, Purwekorto: Tatakata grafika

Etika Rahmawati, 2022, laila dan Miftakhul Huda, Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia, Jawa tengah : Muhammadiyah University Press.

Fitriana, Ayu, Retno Marsitin, dan Rosita Dwi Ferdiani, 2019, Analisis berfikir kritis Matematika dalam menyelesaikan soal matematika, Rainstek, Jurnal terapan sain dan teknologi, Vol 1, No. 3

Gonzaga, Kolese, 2022, Puspadanta Gonzaga, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Guru dan pemimpin alumni wardah Inspiring Teacher 2021, 2022, Surat kabar guru belajar edisi khusus: wardah inspiring teacher 2021-jilid 2 (Jakarta : Cerita guru belajar.

Hasil Wawancara dengan guru kelas IV SDN 5 Banda Aceh

Juditya, Silvy, 2023, Pendidikan Jasmani di Era Kurikulum Merdeka, (Jawa Tengah: Pena Persada Kerta Utama

Mahasiswa Tadris Matematika Angkatan 2019, 2020, Catatan Dasar Pembelajaran Matematika, (Jawa tengah: PT. Nasya Expanding Management

Maulana, dkk, 2020, Pembelajaran Matematika dan sains secara integratif melalui situation based learning, Sumedang : UPI Sumedang Press

Nadia Aprillia, Putri, 2023, Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Dengan Model dan Media Inovatif, Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery

Nafisah Siregar, Tisam, 2023, Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 100900 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara, Jurnal UIN Syeikh Ali Hasan, UIN Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary : Padang Simpuan

Nasaruddin, 2013, Karakteristik dan Ruang lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Jurnal Al khawarixmi, STAIN Papopo, Vol 2

Paryanto, 2020, Implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe STAD Untuk pelajaran passing dalam Permainan Bola Voli, Malang: Ahlimedia Press.

Priyatna, Harry, 2017, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team games Tournament Untuk meningkatkan hasil belajar perakitan komputer, Jurnal Pendidikan teknik Elektro undiksha, Vol 6 No 3.

Putri lestari, Nyoman, 2019, Model-model Pembelajaran untuk kurikulum Merdeka di era Society 5.0, Bandung : Nilacakra.

Rosmala, Amelia, dkk, 2018, Model-model Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018

Rosnani, dkk, ttp, Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Realita dikelas I Sekolah Dasar, Jurnal PGSD, Pontianak : Universitas Tanjung Pura

Rozak, Firda, dkk, 2022, Buku panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Berbasis Media Ular tangga, Sumatera Barat : Mitra Cendekia Media.

Rusyonto, 2021, TGT (Teams Games Tournament) dalam Pembelajaran IPS, Jawa Tengah : NEM

Raco, ttp, Metode Penelitian Kualitatif jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta:Grasindo

Sari oktavia, Ade, 2021, E Modul Matematika pecahan senilai kelas 4 sekolah dasar, Pekanbaru : Universitas Islam Riau

Sudjono, Anas, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suprayitno, Adi, 2020, Menyusun PTK Era 4.0, Yogyakarta: CV. Budi Utama

Tambak, Syahraini, 2017, Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Hikmah, Vol 14 No.1

Tim Match Eduka, 2013, Pocket Book Matematika, Jakarta:Kawah Media

Tim Gakko Tosho, 2021, Belajar bersama temanmu matematika untuk sekolah dasar, Jakarta: Pusat Pembukuan dan Kurikulum

Tyas palupi, Anggi, Fadia nur farikah, Zaenatun wasilah, dan Nugraheti sismulyasih, 2023, Metode dan media Inovatif jadikan siswa luar biasa terampil dalam berbahasa, Jawa tengah: Cahaya Ghani Recorvery

Warsiman, 2022, Panduan Praktis Penelitian tindakan kelas (PTK), (Malang:Media Nusa Creativ

Zaeni, Akhmad, Nurul Husnah Mustika, dkk, 2023 Kurikulum merdeka pada pembelajaran di madrasah, Jawa tengah : PT. Nasya Expanding Management

Published

30-03-2024

Scite_ Smart Citation

How to Cite

Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Banda Aceh: Implementation of the Team Game Tournament Type Cooperative Model Assisted by Puzzle Media to Improve Learning Outcomes of Grade IV Students of SDN 5 Banda Aceh. (2024). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 01-09. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.495

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.