Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Banda Aceh
Implementation of the Team Game Tournament Type Cooperative Model Assisted by Puzzle Media to Improve Learning Outcomes of Grade IV Students of SDN 5 Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.495Keywords:
Model Team Game Tournament, Media Puzzle, Hasil BelajarAbstract
Berdasarkan Observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN 5 Banda Aceh, proses pembelajaran matematika pada materi sudut yang dipelajari oleh peserta didik kelas IV masih rendah. Hal ini disebabkan bagi sebagian peserta didik belajar matematika adalah hal yang membosankan dan kurang menarik minat peserta didik sehingga peserta didik tidak bersungguh-sungguh dalam mendengar penjelasan yang dikemukakan oleh guru sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik pada materi sudut tergolong rendah karena sebagian hasil belajar belum mencapai KKTP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model TGT dengan berbantuan media puzzle pada peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I 75,23%, pada siklus II 79% dan mengalami peningkatan maksimum pada siklus III 85,7%. (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I 67,36%, siklus II 77,89% dan mengalami peningkatan maksimum siklus III 85,26%. (3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I 42,85%, siklus II 64,30% dan mengalami peningkatan maksimum pada siklus III 85,70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT dengan berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh.
Downloads
References
Agustin Irmawati, Dwi, ttp, Media Pembelajaran Matematika, Jawa Timur : Pemeral Edukatif
A. Octavia, Shilphy, 2020, Model-Model Pembelajaran, Yogyakarta: CV.Budi Utama
Arifin, Muhammad dan Rini Ekayati, 2021, Implementasi Metode tutor sebaya dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa, Medan: UMSU Press
Chairani, 2022, Upaya Meningkatkan kualitas pembelajaran pkn melalui metode TGT pada siswa kelas VII SMPNegeri 5 lebong tahun ajaran 2021, Purwekorto: Tatakata grafika
Etika Rahmawati, 2022, laila dan Miftakhul Huda, Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia, Jawa tengah : Muhammadiyah University Press.
Fitriana, Ayu, Retno Marsitin, dan Rosita Dwi Ferdiani, 2019, Analisis berfikir kritis Matematika dalam menyelesaikan soal matematika, Rainstek, Jurnal terapan sain dan teknologi, Vol 1, No. 3
Gonzaga, Kolese, 2022, Puspadanta Gonzaga, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Guru dan pemimpin alumni wardah Inspiring Teacher 2021, 2022, Surat kabar guru belajar edisi khusus: wardah inspiring teacher 2021-jilid 2 (Jakarta : Cerita guru belajar.
Hasil Wawancara dengan guru kelas IV SDN 5 Banda Aceh
Juditya, Silvy, 2023, Pendidikan Jasmani di Era Kurikulum Merdeka, (Jawa Tengah: Pena Persada Kerta Utama
Mahasiswa Tadris Matematika Angkatan 2019, 2020, Catatan Dasar Pembelajaran Matematika, (Jawa tengah: PT. Nasya Expanding Management
Maulana, dkk, 2020, Pembelajaran Matematika dan sains secara integratif melalui situation based learning, Sumedang : UPI Sumedang Press
Nadia Aprillia, Putri, 2023, Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Dengan Model dan Media Inovatif, Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery
Nafisah Siregar, Tisam, 2023, Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 100900 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara, Jurnal UIN Syeikh Ali Hasan, UIN Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary : Padang Simpuan
Nasaruddin, 2013, Karakteristik dan Ruang lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Jurnal Al khawarixmi, STAIN Papopo, Vol 2
Paryanto, 2020, Implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe STAD Untuk pelajaran passing dalam Permainan Bola Voli, Malang: Ahlimedia Press.
Priyatna, Harry, 2017, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team games Tournament Untuk meningkatkan hasil belajar perakitan komputer, Jurnal Pendidikan teknik Elektro undiksha, Vol 6 No 3.
Putri lestari, Nyoman, 2019, Model-model Pembelajaran untuk kurikulum Merdeka di era Society 5.0, Bandung : Nilacakra.
Rosmala, Amelia, dkk, 2018, Model-model Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018
Rosnani, dkk, ttp, Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Realita dikelas I Sekolah Dasar, Jurnal PGSD, Pontianak : Universitas Tanjung Pura
Rozak, Firda, dkk, 2022, Buku panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Berbasis Media Ular tangga, Sumatera Barat : Mitra Cendekia Media.
Rusyonto, 2021, TGT (Teams Games Tournament) dalam Pembelajaran IPS, Jawa Tengah : NEM
Raco, ttp, Metode Penelitian Kualitatif jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta:Grasindo
Sari oktavia, Ade, 2021, E Modul Matematika pecahan senilai kelas 4 sekolah dasar, Pekanbaru : Universitas Islam Riau
Sudjono, Anas, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suprayitno, Adi, 2020, Menyusun PTK Era 4.0, Yogyakarta: CV. Budi Utama
Tambak, Syahraini, 2017, Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Hikmah, Vol 14 No.1
Tim Match Eduka, 2013, Pocket Book Matematika, Jakarta:Kawah Media
Tim Gakko Tosho, 2021, Belajar bersama temanmu matematika untuk sekolah dasar, Jakarta: Pusat Pembukuan dan Kurikulum
Tyas palupi, Anggi, Fadia nur farikah, Zaenatun wasilah, dan Nugraheti sismulyasih, 2023, Metode dan media Inovatif jadikan siswa luar biasa terampil dalam berbahasa, Jawa tengah: Cahaya Ghani Recorvery
Warsiman, 2022, Panduan Praktis Penelitian tindakan kelas (PTK), (Malang:Media Nusa Creativ
Zaeni, Akhmad, Nurul Husnah Mustika, dkk, 2023 Kurikulum merdeka pada pembelajaran di madrasah, Jawa tengah : PT. Nasya Expanding Management
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raihatul Miska, Zikra Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.