Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Berbantuan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV di SDN Manggalasari

Authors

  • Ai Miranti Utami Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Mohammad Fahmi Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.371

Keywords:

Strategi Pembelajaran, REACT, Media Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT berbantuan media animasi terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV di SDN Manggalasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-test Post-test Control Group Design. Seluruh siswa kelas IV SDN Manggalasari yang ikut serta dalam penelitian ini. Seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik sensus/sampling total, pengambilan sampel populasi adalah teknik pengambilan sampel dimana sampel diambil dari seluruh anggota populasi. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pretest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa strategi pembelajaran REACT berbantuan media animasi memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar kelas IV SDN Manggalasari. Hal ini terlihat perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test. Kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata pre-test sebesar 54,44 dan nilai rata-rata post-test sebesar 87,78 sedangkan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata pre-test sebesar 56,11 dan nilai rata-rata post-test sebesar 72,78. Penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test untuk menguji hipotesis ( Uji-t ). Hasil pengujian hipotesis sig ( 2-tailed ) 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, oleh karena itu penggunaan strategi pembelajaran REACT berbantuan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV di SDN Manggalasari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir,Z, dan Risnawati.(2015).Psikologi Belajar Matematika. Yogyakarta: Adwaja pressindo.

Agus, Suprijono. 2016, Teori dan Penerapan Pembelajaran Kooperatif PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crawford (2011:2) Langkah-Langkah dalam Model Pembelajaran REACT.

Crawford, Michael L. 2001. Mengajarkan dasar dan teknik inkuiri kontekstual utnuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam matematika dan sains.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: PT Armas Duta Wijaya.

Depdiknas. 2006. Keputusan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006, tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikanas.

Eveline Siregar dan Hartini Nara.2010. Teori pembelajaran dan Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen dalam Bidang Pendidikan. Bandung: ALPABETA, cv

Marhaeni, A.A.I.N. 2012. Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Muchlis, M. (2007). KTSP. Jakarta: Aksara Bumi

Muchlis, M. (2008). KTSP. Jakarta: Aksara Bumi

Mustikawati, (2013.hlm.12) Inplementasi Pendidikan Matematika Menggunakan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: http://respository.ipi.edu

Rohati, dkk (2011). Pembelajaran Teorema Pythagoras Melalui Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Pada Siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Edumatica, 2 (2), 27-36.

Wijaya. 2011. Pendidikan Matematika Realistik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono,2015, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALPABETA.cv

Sugiyono,2012, Metode Penelitian Pendekatan kuantitatif, kualitatif & R&D. Bandung:Alfabeta Yuniawatika dan Rohati,2011 , Strategi REACT

Published

30-11-2023

How to Cite

Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Berbantuan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV di SDN Manggalasari. (2023). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 17-23. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.371