Pengembangan Media Pembelajaran Luqytrik (Ludo Qr Praktik) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Panjalu

Development of Luqytrik (Ludo QR Practice) Learning Media to Improve Students’ Learning Outcomes on the Topic of States of Matter and Their Changes in Grade IV Elementary Schools in Panjalu District

Authors

  • Enok Sinta Nur Hikmah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • M. Fahmi Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.505

Keywords:

Media Pembelajaran, Wujud Zat, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana pengembangan media LUQYTRIK (Ludo QR Praktik) dan mengetahui efektivitas media pembelajaran LUQYTRIK (Ludo QR Praktik)terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan peru bahannya di kelas IV SD di kecamatan Panjalu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengembangan media pembelajaran LUQYTRIK (Ludo QR Praktik) pada materi wujud zat dan perubahannya, dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran LUQYTRIK (Ludo QR Praktik) pada materi wujud zan dan perubahannya pada siswa kelas IV di kecamatan Panjalu. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall, dengan 7 tahapan. Lokasi yang digunakan untuk penelitian uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di SDN 1 Sandingtaman dan SDN 2 Sandingtaman, serta uji coba lapangan utama di SDN 4 Sandingtaman. Penelitian ini terdapat 3 tahapan yaitu angket respon siswa, pretest dan posttest. Teknik dan pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, tes, dan angket. Hasil uji efektifitas dilakukan di SDN 4 Sandingtaman dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang dengan hasil N-Gain 0,21 atau 21% di kelas kontrol mendapat kategori tidak efektif, sedangankan di kelas eksperimen mendapatkan hasil skor N-Gain 0,88 atau 88% dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LUQYTRIK (Ludo QR Ppraktik) efektif digunakaan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya siswa kelas IV SD di Kecamatan Panjalu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 19.

Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & ... (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD …, 7(2), 107–113. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17501

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2563–2570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1259

Pawazah, R., Sururuddin, M., Alwi, M., Fadilah, D., & Kudsiah, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Pada Muatan IPA Untuk Siswa Kelas IV SD IT Suralaga. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 152–158. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.864

PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.55732/jrt.v6i1.152

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi Regu). PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Torang Siregar. (2023). Stages of Research and Development Model Research and Development (R&D). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(4), 142–158. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i4.48

Triskawati, & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 55–67.

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 1–7.

Wardhani, D. A. P., & Mauliddiyah, I. C. (2023). Pengembangan Media Game Ludo Dan Link (GAUL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(1), 58–65. https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2405

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Published

31-03-2025

Scite_ Smart Citation

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Luqytrik (Ludo Qr Praktik) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Panjalu: Development of Luqytrik (Ludo QR Practice) Learning Media to Improve Students’ Learning Outcomes on the Topic of States of Matter and Their Changes in Grade IV Elementary Schools in Panjalu District. (2025). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 24-33. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.505

Similar Articles

1-10 of 53

You may also start an advanced similarity search for this article.