Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif MATHPLAFI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 pada Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.461Keywords:
Matematika, MATHPLAFI, PowerPoint, Siswa SD, Hasil BelajarAbstract
Media pembelajaran di sekolah wilayah kecamatan Wanaraja masih dapat dikatakan kurang dengan beberapa kendala, yaitu minimnya dalam pengadaan dan pengembangan media pembelajaran sehingga guru hanya melakukan pembelajaran konvensional menggunakan media pembelajaran sederhana termasuk pada Pelajaran matematika materi bangun datar sehingga nilai yang diraih oleh siswa masih di bawah KKM dengan nilai KKM 70. Tujuan penelitian ini yakni untuk Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif MATHPLAFI siswa kelas 5 materi bangun datar serta untuk mengetahui keefektivitasan media tersebut. Lokasi yang digunakan untuk penelitian uji kelompok kecil dan uji kelompok besar di SDN 1 Sindangmekar dan SDN 4 Sukamenak serja uji coba lapangan utama di SDN 1 Sukamenak. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah RnD (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu 10 tahap. Hasil penelitian uji efektivitas yang dilakukan di SDN 1 Sukamenak dengan jumlah siswa 24 siswa dengan hasil skor N-Gain dikelas eksperimen 0.81 dengan persentase 81% dengan skor paling kecil 0.50 atau 50% dan skor paling besar 1 atau 100% dan untuk hasil kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif MATHPLAFI diperoleh hasil skor rata-rata 0,35 atau 35% dengan kategori Tidak Efektif dan skor terkecil 0 atau 0% serta skor terbesar 0.67 atau 67%. Kesimpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran multimedia interaktif MATHPLAFI telah berhasil dikembangkan sebagai alat bantu yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar.
Downloads
References
Achmad, R., & Chatarina, T. A. (2009). Psikologi pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada penyajian data berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 17–31.
Budayasa, I. K. (2022). Pengembangan media permainan edukatif tebak gambar berbasis android untuk meningkatkan kemampuan membaca kata siswa tunarungu. Riza Mahdalena Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, 2(76–85).
Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Kartini, & Putra, R. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Lasut, M. S., Sumampouw, Z. F., Mangangantung, J. M., Daniel, R., & Pangkey, H. (2022). Pengaruh penggunaan media PowerPoint dan media video dalam pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5001–5009.
Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis masalah pada kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 12–25.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (Teguh W. Utomo, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mursalin. (2016). Pembelajaran geometri bidang datar di sekolah dasar berorientasi teori belajar Piaget. DIKMA (Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 250–258.
Novita. (2012). Memori anak berasal dari tindakan 60%, melihat 40%, mendengar 30%. DetikHealth. Retrieved from https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-1905949/memori-anak-berasal-dari-tindakan-60-melihat-40-mendengar-30
Nurlaila, Prihatni, Y., & Winingsih, P. H. (2017). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(2), 43–48.
Jean Piaget dan Barebel Inhelder. (2010). Psikologi Anak, Terj Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Priyatno, D. (2009). Mandiri belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soedjadi, R. (1999). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: Konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektivitas modul elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Silalahi, R. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Soedjadi, R. (2004). Pokok-pokok pikiran tentang orientasi masa depan matematika sekolah di Indonesia. Media Pendidikan Matematika Nasional, 2(1), 28–42. Surabaya: PPs IKIP Surabaya.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujarweni, V. W. (2020). Akuntansi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabillatuzzahra, Meiliana Nurfitriani, M Fahmi Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.