Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika di Kelas IV SD

Authors

  • Simeon Marito Universitas Esa Unggul
  • Khaola Rachma Adzima Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.442

Keywords:

Komunikasi Guru, Keaktifan Siswa, Matematika, Kelas IV SD

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran matematika di SD kelas IV Baptis Cengkareng Indah. Penelitian ini lebih berfokus untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap keaktifan siswa pada saat pembelajaran matematika. Materi yang menjadi fokus pada penelitian ini ialah materi bangun ruang. Pada pembelajaran bangun ruang guru akan membahas terkait isi maupun struktur daripada balok maupun kubus dan sesuai dengan materi yang tertera di dalam bab tersebut. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Baptis Cengkareng Indah sebanyak 30 orang siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian yang digunakan berupa angket kemampuan komunikasi guru dan angket keaktifan siswa. Hasil yang diperoleh menggunakan uji parsial (t) yang menunjukkan bahwa signifikan 0.00 < 0,05. Hasil ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, yang berkesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap keaktifan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based LearningDalam Peningkatan Keaktifan Siswa. 9.

Dewi, S. (2022). Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru Kelas DenganKeaktifan Belajar Siswa SD Negeri 47 Seluma.

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Puisi Pada Siswa Kelas II SD. 03(04), 594–602.

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2022). Design of Interactive Learning Media With The Think Talk Write Strategy on The Material of Writing Expository Texts For Grade 10 Vocational High School Students. 04(04), 1950–1960.

Nasir, J. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII Mts As-Salafiyah Tahun Ajaran 2017 / 2018. Unipar, 3(5), 11–18. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jelcie/article/download/1263/1104

Nasution, U. S. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Yang Diajar Dengan Aplikasi Google Meet Dan Whatsapp. Jurnal Matematics Paedagogic, V(2), 104–110.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. 2.

Setiawati, I., & Aziz, M. Z. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang. Ad-Man-Pen, 4, 60–65.

Siagian, E. J., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.

Published

30-05-2024

How to Cite

Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Keaktifan Siswa pada Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. (2024). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 36-40. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.442