Efektivitas Proyek Parasut Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.458Keywords:
Pendekatan Pembelajaran, Proyek Parasut, STEAM, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Pembelajaran matematika di kelas IV SDN Karanganyar menghadapi beberapa permasalahan, terutama pada materi bangun datar. Siswa menunjukkan kurangnya rasa percaya diri dalam menyelesaikan soal, antusiasme rendah, serta ketergantungan pada metode ceramah yang kurang efektif. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar, di mana hanya sebagian kecil siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pendekatan STEAM Parasut terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kuasi-eksperimental. Pendekatan STEAM mengintegrasikan elemen sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika dalam proses pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa terlibat secara aktif untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kreativitas. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes, sementara data keaktifan dan respons siswa diperoleh melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEAM Parasut secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih antusias dalam proses pembelajaran, menunjukkan kemampuan berpikir kreatif, serta lebih percaya diri dalam menyelesaikan soal matematika. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan STEAM Parasut efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran pada materi bangun datar.
Downloads
References
Amelia, W. & Marini, A. (2022). Urgensi Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 291-298.
Coetzee, M. (2023). Students’ career capital resource needs for employability in the technology-driven work world. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 14(1), 136–150. https://doi.org/10.21153/jtlge2023vol14no1art1658
Coetzee, M. (2023). Students’ career capital resource needs for employability in the technology-driven work world. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 14(1), 136–150. https://doi.org/10.21153/jtlge2023vol14no1art1658
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Nirmalasari, P., Jumadi, J., & Ekayanti, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATH) UNTUK PENGUATAN LITERASI-NUMERASI SISWA. Jurnal Abdimas Indonesia.
Saida, N. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(2), 123-128.
Septiani, I. & Kasih, D. (2021). Implementasi Metode STEAM terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(4), 192-199.Coetzee, M. (2023). Students’ career capital resource needs for employability in the technology-driven work world. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 14(1), 136–150. https://doi.org/10.21153/jtlge2023vol14no1art1658
Sabitri, Z., Rahayu, S., & Meirawan, D. (2024). The implementation of augmented reality-based flipbook learning media in improving vocational school students’ critical thinking skills in the era of society 5.0. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 7(1), 22–31. https://doi.org/10.24036/jptk.v7i1.35223
Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik sebagai Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP Bina Insan Mandiri. SINKESJAR : Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran, 465–472.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riva Sumarlina, Yopa Taufik Saleh, Anggia Suci Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.