Efektivitas Proyek Parasut Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Karanganyar

Authors

  • Riva Sumarlina Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Yopa Taufik Saleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.458

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Proyek Parasut, STEAM, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas IV SDN Karanganyar menghadapi beberapa permasalahan, terutama pada materi bangun datar. Siswa menunjukkan kurangnya rasa percaya diri dalam menyelesaikan soal, antusiasme rendah, serta ketergantungan pada metode ceramah yang kurang efektif. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar, di mana hanya sebagian kecil siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pendekatan STEAM Parasut terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kuasi-eksperimental. Pendekatan STEAM mengintegrasikan elemen sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika dalam proses pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa terlibat secara aktif untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kreativitas. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes, sementara data keaktifan dan respons siswa diperoleh melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEAM Parasut secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih antusias dalam proses pembelajaran, menunjukkan kemampuan berpikir kreatif, serta lebih percaya diri dalam menyelesaikan soal matematika. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan STEAM Parasut efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran pada materi bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, W. & Marini, A. (2022). Urgensi Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 291-298.

Coetzee, M. (2023). Students’ career capital resource needs for employability in the technology-driven work world. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 14(1), 136–150. https://doi.org/10.21153/jtlge2023vol14no1art1658

Coetzee, M. (2023). Students’ career capital resource needs for employability in the technology-driven work world. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 14(1), 136–150. https://doi.org/10.21153/jtlge2023vol14no1art1658

Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507

Nirmalasari, P., Jumadi, J., & Ekayanti, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATH) UNTUK PENGUATAN LITERASI-NUMERASI SISWA. Jurnal Abdimas Indonesia.

Saida, N. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(2), 123-128.

Septiani, I. & Kasih, D. (2021). Implementasi Metode STEAM terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(4), 192-199.Coetzee, M. (2023). Students’ career capital resource needs for employability in the technology-driven work world. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 14(1), 136–150. https://doi.org/10.21153/jtlge2023vol14no1art1658

Sabitri, Z., Rahayu, S., & Meirawan, D. (2024). The implementation of augmented reality-based flipbook learning media in improving vocational school students’ critical thinking skills in the era of society 5.0. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 7(1), 22–31. https://doi.org/10.24036/jptk.v7i1.35223

Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik sebagai Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP Bina Insan Mandiri. SINKESJAR : Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran, 465–472.

Published

24-11-2024

How to Cite

Efektivitas Proyek Parasut Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Karanganyar. (2024). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 39-43. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.458