Praktikalitas Media Pembelajaran Papan Hitung dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Irfandi Irfandi Universitas Lamappapoleonro
  • Ervi Rahmadani Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Rahmawati Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Yusdiana Yusdiana SMP Satap 7 Maiwa

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.382

Keywords:

Media pembelajaran, Matematika, Papan hitung, Pemahaman konsep, Hasil belajar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung. Salah satu penyebabnya adalah guru jarang menggunakan media pembelajaran untuk memberikan pemahaman konsep kepada siswa tentang materi operasi hitung. Oleh karena itu, dikembangkanlah media pembelajaran papan hitung yang dapat digunakan pada materi operasi hitung. Media tersebut telah dinyatakan valid oleh validator, sehingga penelitian ini merupakan lanjutan dari sebelumnya. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat praktikalitas media papan hitung yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah angket dengan instrumen berupa lembar angket yang berisi pernyataan sesuai dengan kisi-kisi praktikalitas. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan 27 siswa kelas III sekolah dasar. Data yang telah terkumpul, kemudian diolah dan diklasifikasi sesuai dengan kategori atau tingkat praktikalitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai akhir dari hasil uji kepraktisan atau respon siswa sebesar 98,21% dengan kategori sangat praktis, sedangkan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan dari respon guru sebesar 98,02% dengan kategori sangat praktis, sehingga media ini cocok digunakan sebagai alat bantu untuk membelajarkan materi operasi hitung kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi Andzani, A., Rahmawati, E., & Achmad Budi Susilo, T. (2022). Pengembangan Media Pamitung (Papan Miniatur Hitung) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 994–1005. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5881

Fadhlurrohman, D., Fitriyanti, N., Nasir, F., & Setiyani, S. (2020). Praktikalitas media interaktif quizizz pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 55–64.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(1), 209–217.

Hartiningsih, S. D. S., Abda’u, M. J., Sutriyani, W., & Budi, E. S. (2022). Peran Model RME Berbantuan Media LINCAH Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 1 Pekalongan. Tunas Nusantara, 4(2), 511–523.

Hidayat, R. A., & Muanifah, M. T. (2023). Pengembangan Media Papan Berhitung (Patung) pada Materi Pokok Penjumlahan untuk Siswa Kelas I. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 54–62.

Husna, F. A. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 33–49.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Kiki, A. (2022). Pengembangan Media Waker (Wayang Kertas) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN 1 Dasan Baru .

Marlini, C. (2019). Praktikalitas penggunaan media pembelajaran membaca permulaan berbasis macromedia flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 277–289.

Midya Yuli Amreta, Firda Zakiyatur Rofi’ah, & Alfina Luk Luul Markhamah. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 199–209. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.990

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Rahmadani, E. (2020). Penerapan Pendekatan Open Ended Problems Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edunesia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 46–53. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.59

Rahmadani, E. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Tokoh Sejarah Melalui Aplikasi Tiktok Pada Peserta Didik. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 10(1), 50. https://doi.org/10.26858/jnp.v10i1.32781

Rahmadani, E., Rahmawati, R., & Nasaruddin, N. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung pada Materi Konsep Operasi Hitung Bagi Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 944–953. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.296

Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147

Sari, S. G., Ambiyar, A., Aziz, I., & Leffega, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Materi Penjumlahan Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing (Studi Berdasarkan Asesmen). Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1207–1216. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.359

Swihadayani, N. (2023). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 488–493. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.810

Published

30-11-2023

How to Cite

Praktikalitas Media Pembelajaran Papan Hitung dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep bagi Siswa Sekolah Dasar. (2023). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 32-38. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.382