Praktikalitas Media Pembelajaran Papan Hitung dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.382Keywords:
Media pembelajaran, Matematika, Papan hitung, Pemahaman konsep, Hasil belajarAbstract
Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung. Salah satu penyebabnya adalah guru jarang menggunakan media pembelajaran untuk memberikan pemahaman konsep kepada siswa tentang materi operasi hitung. Oleh karena itu, dikembangkanlah media pembelajaran papan hitung yang dapat digunakan pada materi operasi hitung. Media tersebut telah dinyatakan valid oleh validator, sehingga penelitian ini merupakan lanjutan dari sebelumnya. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat praktikalitas media papan hitung yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah angket dengan instrumen berupa lembar angket yang berisi pernyataan sesuai dengan kisi-kisi praktikalitas. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan 27 siswa kelas III sekolah dasar. Data yang telah terkumpul, kemudian diolah dan diklasifikasi sesuai dengan kategori atau tingkat praktikalitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai akhir dari hasil uji kepraktisan atau respon siswa sebesar 98,21% dengan kategori sangat praktis, sedangkan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan dari respon guru sebesar 98,02% dengan kategori sangat praktis, sehingga media ini cocok digunakan sebagai alat bantu untuk membelajarkan materi operasi hitung kepada siswa.
Downloads
References
Budi Andzani, A., Rahmawati, E., & Achmad Budi Susilo, T. (2022). Pengembangan Media Pamitung (Papan Miniatur Hitung) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 994–1005. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5881
Fadhlurrohman, D., Fitriyanti, N., Nasir, F., & Setiyani, S. (2020). Praktikalitas media interaktif quizizz pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 55–64.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(1), 209–217.
Hartiningsih, S. D. S., Abda’u, M. J., Sutriyani, W., & Budi, E. S. (2022). Peran Model RME Berbantuan Media LINCAH Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 1 Pekalongan. Tunas Nusantara, 4(2), 511–523.
Hidayat, R. A., & Muanifah, M. T. (2023). Pengembangan Media Papan Berhitung (Patung) pada Materi Pokok Penjumlahan untuk Siswa Kelas I. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 54–62.
Husna, F. A. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 33–49.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Kiki, A. (2022). Pengembangan Media Waker (Wayang Kertas) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN 1 Dasan Baru .
Marlini, C. (2019). Praktikalitas penggunaan media pembelajaran membaca permulaan berbasis macromedia flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 277–289.
Midya Yuli Amreta, Firda Zakiyatur Rofi’ah, & Alfina Luk Luul Markhamah. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 199–209. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.990
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Rahmadani, E. (2020). Penerapan Pendekatan Open Ended Problems Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edunesia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 46–53. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.59
Rahmadani, E. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Tokoh Sejarah Melalui Aplikasi Tiktok Pada Peserta Didik. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 10(1), 50. https://doi.org/10.26858/jnp.v10i1.32781
Rahmadani, E., Rahmawati, R., & Nasaruddin, N. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung pada Materi Konsep Operasi Hitung Bagi Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 944–953. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.296
Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147
Sari, S. G., Ambiyar, A., Aziz, I., & Leffega, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Materi Penjumlahan Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing (Studi Berdasarkan Asesmen). Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1207–1216. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.359
Swihadayani, N. (2023). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 488–493. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.810
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ervi Rahmadani, Irfandi Irfandi, Rahmawati, Yusdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.