Analisis Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 19 Petang Tegal Alur
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.451Keywords:
Kreativitas Guru, Pembelajaran Daring, Ilmu Pengetahuan AlamAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 19 Petang Tegal Alur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selanjutnya untuk mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Guru yang profesional harus meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar di sekolah untuk keberhasilan dan peningkatan mutu Pendidikan, (2) Pembelajaran daring yang dikemas dengan menarik oleh guru dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk mempelajari materi yang disampaikan, (3) Kendala guru dalam proses pembelajaran adalah siswa kesulitan dalam memahami materi, kurangnya partisipasi dan dukungan orang tua, guru kesulitan dalam menyampaikan materi, guru kesulitan dalam memantau perkembangan siswa, (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi adalah dengan melakukan komunikasi dengan orang tua, komunikasi dengan siswa, memberikan kemudahan untuk siswa, memaksimalkan penggunaan media pembelajaran dan waktu yang disediakan dalam pembelajaran daring, dan keterbukaan dengan pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA merupakan kegiatan pembelajaran yang menerapkan guru untuk terampil dalam memanfaatkan metode dan media yang bervariasi yang disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari agar siswa mendapatkan minat belajar dan memiliki motivasi untuk belajar.
Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Afghani, D. R., & Sutama. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 3(2), 70–75. https://core.ac.uk/download/pdf/228856775.pdf
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan, IX(1), 37–50. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/720/993
Indasari, S. R., Wijaya, A. W. A., Layuk, M., Sambo, M. S., & Indrawati, M. (2020). Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh (S. R. I. Marthen S Sambo (ed.); 1st ed.). Wahana Visi Indonesia. https://www.wahanavisi.org/userfiles/post/2007215F166D3986C35_LGID.pdf
Mar’aha, N. K., Rusilowatia, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1, 1–8. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/660/577
M. B., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519/
Nuripah. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kuala Pembuangan I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 1, 27–39. https://media.neliti.com/media/publications/296749-upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-m-80b6dbf0.pdf
Rasyid, Y. (2021). Pembelajaran Daring Kelas 1 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 & 5. www.youtube.com. https://youtu.be/4Oh5mlzdn7A
Rosyid, A. (2017). Motivasi Menjadi Guru Sekolah Dasar Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PGSD. MOTIVASI MENJADI GURU SEKOLAH DASAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD Ainur, 1(2), 69–70. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2499
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Shabibie. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Sunarti. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat ( Syindicate Group ) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Jurnal Pendidikan, 1(2), 167–184. https://media.neliti.com/media/publications/296749-upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-m-80b6dbf0.pdf
Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/228856775.pdf
Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. (2020). Jurnal Pendidikan, 1, 82–93. https://core.ac.uk/download/pdf/327208218.pdf
Untari, S. K. (2020). Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 49–53. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2757
Winaria, L. (2020). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–10. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3282/2242
Woro Sumarni, M. H. A. (2020). Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 1–6. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wina Lestari Mustika, Ainur Rosyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.