Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.443Keywords:
Minat Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Matematika, Kelas IVAbstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktornya adalah minat belajar. Ketika siswa memiliki minat dalam belajar maka siswa dapat melakukan proses pembelajaran dengan menyenangkan dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Namun sebaliknya, ketika siswa tidak memiliki minat dalam belajar maka siswa akan merasa jenuh atau bosan dan tidak peduli dengan apa yang sedang dipelajari sehingga hal ini akan berakibat pada kemampuan-kemampuan yang dimiliki khususnya pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pusaka Rakyat 02 semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 73 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Pusaka Rakyat 02 sebanyak 45 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) minat belajar dan soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji parsial (uji t) yang menunjukkan bahwa signifikansi sebesar dengan nilai yang didapatkan sebesar nilai sebesar 2,017 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas IV.
Downloads
References
Aditya, D. Y., Solihahm A., & Habibie, M.T. (2022). Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 4762-4770.
Adzima, K. R., Sudaryati, S., & Wijaksana, A. H. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Belajar Menggunakan Pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Dan Siswa Yang Belajar Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Eduscience, 4(2), 52–57.
Aftriyati, L. W., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa SMA Pekanbaru Pada Materi SPLTV. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 226. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.8515
Agustin, P. T. F., & Hartanto, S. (2018). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 92–98. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1782
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–8. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1776/1/621-Article Text-1614-1-10-20200503.pdf
Charoline, C., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Grit Pada Siswa di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 549–557. https://doi.org/10.29210/30032136000.
Damayanti, G. P. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Frekuensi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek.Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Dini, D. K., Karimah, S., & Najibufahmi, M. (2021). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis ( MEA ) Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Kedungwuni. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan “Meneropong Wajah Pendidikan Di Era Merdeka Belajar,” 1, 255–264. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.
Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018 / 2019. 1(1), 38–48.
Fadilah, A. N., & Haerudin. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi SPLDV Berdasarkan Tahapan Polya. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1049–1060. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1049-1060.
Hazari, G. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. 01(02), 451–457.
Khofifah. (2022). Pengaruh Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Universitas Lampung Bandar Lampung.
Kurnia, Dedyerianto, Inah, E. N., & Patih, T. (2020). Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah. Kulidawa, 1(1), 51–55. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1813.
Kurniawan, D., & Manurung, A. S. (2022). Keefektivitasan Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8251–8262. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3479.
Launin, S., Nugroho, W., Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 216-223. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp.
Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51–57. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/3102.
Manurung, A. S., & Halim, A. (2019). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta (Issue 793/Pendidikan Guru Sekolah).
Maulina, V., Harun, L., & Sutrisno. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 347–354. journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
Mawardi, A., Suendarti, M., & Hasbullah. (2019). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Survei Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(2), 171–178. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/5715.
Mentari, Kesumawati, N., Hera, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self-Esteem Siswa SD. JOTE : Journal On Teacher Educatio, 4(1), 237-249. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5550/4429.
Mujazi. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 448–457. http://jiss.publikasiindonesia.id/.
Nasution, H. F. (2019). Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 51–59. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm.
Nirmalawaty, C. M., Rivaldi, A., & Mujazi, M. (2021). Motivasi Menjadi Guru (Sebuah Refleksi). 478–485.
Nugroho, M. A., Muhajang, T., Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 42-46. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda.
Nurhaliza, S., Yurniwati, & Sumantri, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Kalibata 01 Jakarta Selatan Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalibata. Dinamika Sekolah Dasar, 1–15. https://doi.org/doi.org/10.21009/Dsd.Xxx.
Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124–134. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005.
Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d), 1052–1058. file:///C:/Users/MeLinDa/Downloads/2451-File Utama Naskah-7123-1-10-20191212.pdf.
Purnamasari, S. (2021). Hubungan Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV-B SDN Kembangan Utara 012 Petang. Universitas Esa Unggul.
Putri, A. A., & Manurung, A. S. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai pada Siswa Kelas IV SDN Jelambar Baru 01. Jurnal Persada, 3(3), 158–166.
Rahmawati, L., & Sari, A. D. I. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Minat Belajar Matematika Materi Perkalian Peserta Didik Kelas III MI Nurul Ulum Wonosari Gresik. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, V(2), 270–289.http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/211.
Ramadayanti, G. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas V SDN Duri Kepa 05. Universitas Esa Unggul.
Ramadayanti, G., & Adzima, K. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas V. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 153–158. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1464.
Ramadhanti, M. U., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Metode Diskusi Dalam Materi Satuan Ukuran Panjang terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7532–7540. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3482.
Riswari, L. A., Fitriani, D. A., Fitriyani, D. E., Widyastuti, D., Assakhiy, H. P. (2023). Pengaruh Media Potol Bilangan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 4(2), 180-187. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index.
Rusdianti, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IV SD Negeri Karang Rejo Sungkai Selatan Lampung Utara. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sabila, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Zoom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas V. Universitas Esa Unggul.
Safitri, J., Sugiharta, R., & Rachma, K. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pendekatan TPACK. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Denganmenggunakan Pendekatan TPACK, 1(1), 269–278.
Saragih, D. O. R. P., & Adzima, K. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri Serdang Wetan Kabupaten Tangerang. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 64–70. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i1.147.
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III SDN Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.809.
Setiawan, A., Nugroho, W., Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping.TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Tindakan). Alfabeta.
Utaminingtyas, S., Subaryana, Fatimah, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020. DWIJA CENDEKIA : Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 349-359. https://jurnal.uns.ac.id/jdc.
Yetri, O., Fauzan, A., Desyandri, Fitria, Y., Fahrudin, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 3(4). 2000-2008. https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Wahyuningrum, S., Hardiyanti, R. P., Pardede, L. O. E., Putri, R. R., & Mujazi, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 3(1), 367–374. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425.
Wulandari, Y., Luthfi, A., Rizal, M. S. Pengaruh Model MEA Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD.EDUMASPUL, 5(2), 151-159.
Yuliati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1159–1168. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.547.
Zulfa, N. A., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 467–475. https://doi.org/10.29210/30032126000.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novia Candra Peratiwi, Khaola Rachma Adzima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.