Pengaruh Media Quizizz terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Duri Kepa 03
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.438Keywords:
Media Quizizz, Minat Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan AlamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas V di SDN Duri Kepa 03. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media Quizizz terhadap minat belajar siswa kelas V di SDN Duri Kepa 03. Hal ini Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas meliputi media Quizizz dan variabel terikat minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media Quizizz terhadap minat belajar siswa kelas V SDN Duri Kepa 03. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Mata pelajaran yang digunakan adalah Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan purposive sampling, tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan uji parsial (t) yaitu 2048. Jadi= 3800 > 2048. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan signifikansi 0,00 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara media kuis terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien R square sebesar 0,340=34%. Artinya variabel bebas media kuis mempengaruhi variabel terikat minat belajar siswa sebesar 34% dan 66% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Azizah, S. N., Mashuri, K., & Novianti, Y. (2023). Pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII2 SMP Swasta PAB 7 Tandam Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6470–6475. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2767
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Bausad, A. A., Musrifin, A. Y., Olahraga, P., & Mataram, F. I. (2017). Analisis Karakter Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Penjaskes Di Sekolah Dasar Negeri Sekota Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2).
Cahyani, E. D., Puspitasari, S., Fauziyah, S., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Inovasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Cukanggalih 1. 123–128.
Fauzi, N., & Fatonah, K. (2020). Ketidaksantunan Berbahasa Indonesia Anak Sekolah Dasar Di Kampung Candulan Cipondoh Tangerang. EDUSCIENCE:Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(01), 25–32.
Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512
Hanifah, S., Laili, I., Lathif, H., Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran DI Masa Pandemi Covid-19. OJS Diniyah, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Puisi Pada Siswa Kelas II SD. 03(04), 594–602.
Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–43.
Nurmalasari, P. I., & Nugroho, O. F. (2022). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Snipmd V.
Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005
Pujiarti, R., Suhertina, S., Ardian, M. R., & Rahmadani, N. N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Peserta Didik di Era Globalisasi. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.31539/ijoce.v2i1.3106
Putri, D. J., Angelina, S., Rahma, S. C., & Mujazi. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Kecamatan Larangan Tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 5(9), 49–53.
Putri, S., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02. Jurnal Pendidikan Dasar, X, 1–11.
Syofyan, H., Fathonah, K., Vebryanti, Ajisaputra, I., Tesalonika, M., Haikal, F., Widiana, & Pratiwi, W. N. (2018). Gerakan Literasi Sains Bagi Guru untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SDN Duri Kepa 17 Pagi dan SDN Jelambar Baru 01 Pagi. Jurnal Abdimas, 5(1), 59–69.
Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran Ipa. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189
Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.
Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915–921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Melinda Tesalonika Pangaribuan, Oktian Fajar Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.