Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Numerasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.462Keywords:
Minat Belajar, Literasi Numerasi, Motivasi Belajar, Numerasi MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan minat belajar mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam belajar numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi. Data dikumpulkan melalui triangulasi teknik dengan observasi, wawancara mendalam, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan model analisis oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti persepsi terhadap relevansi numerasi dalam karir, kualitas pengajaran, dukungan akademik, fasilitas pendidikan, dan sikap terhadap mata pelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap motivasi dan minat belajar numerasi. Kesimpulannya, faktor-faktor seperti persepsi relevansi numerasi dalam karir, kualitas pengajaran, dukungan akademik, fasilitas pendidikan, dan sikap terhadap matematika memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi dan minat mahasiswa PGSD dalam belajar numerasi. Untuk meningkatkan motivasi dan minat tersebut, penting bagi lembaga pendidikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dan menerapkan strategi yang mendukung, seperti memperbaiki kualitas pengajaran, menyediakan dukungan akademik yang memadai, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Temuan ini memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan dan praktik yang dapat meningkatkan pengalaman belajar numerasi bagi mahasiswa PGSD, sehingga mereka dapat lebih siap untuk mengajarkan materi numerasi dengan efektif di sekolah dasar.
Downloads
References
Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 3. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eltar/article/view/102675
Aini, K. N., Asmana, A. T., & Rosyid, H. (2024). Developing Students’ Book Characterized Realistic Mathematics Education (RME) to Improve Numeration Literacy Skill. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 8(1), 38–49. https://doi.org/10.24036/jep/vol8-iss1/818
Almia, K. (2019). Analisis Faktor Ketimpangan Konstribusi Kecerdasan Intelektual (Iq) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2016 UIN Alauddin Makassar. Skripsi UIN Alauddin Makasar.
Asharini, N. A., Hardyastuti, S., Irham, I., Hamidi, H., Jufri, A. W., Karta, W., Ayundasari, D. Y., Sudiro, A., Irawanto, D. W., Muindi, F., K ’obonyo, P., Nurheni, Sukmawati, A., & Dirdjosuparto, S., & Al Dalayeen, B. (2017). Keterlekatan Pegawai Generasi X Dan Generasi Y Pada Pt . Yudhistira Ghalia Indonesia. Erudio Journal of Educational Innovation, 1111(1), 1857–7881.
Baidowi, A. (2022). Manajemen Perubahan Pendidikan. Jambura Journal of Educational Management, 3, 55–63. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1278
Barlia, L. (2010). Elementary School Teachers Personality in Students Learning Motivation To Understand Concept of Science. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 14–26. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.215
Berkualitas, G., & Pendidikan, M. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(0).
Darma Wisada, P., Komang Sudarma, I., & Wayan Ilia Yuda S, I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21735
Darmiany, A. (2016). Pengembangan Model Pelatihan Soft-Skills Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Di Kota Mataram. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 47–54. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p047
Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(2), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Dwikurnaningsih, Y., & Waruwu, M. (2022). Jurnal Pendidikan Progresif Evaluation of the Effectiveness of Online Training to Improve Lecturers ’ Ability in E-Learning Management Using the Kirkpatrick Model. 12(2), 660–672. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.
Ekawati, R., Firdaus, F., & Wahyuni, Y. S. (2022). Pentingnya Literasi Numberasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bersama Radio Rri. Menara Pengabdian, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3932
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Endres, T., Carpenter, S., & Renkl, A. (2024). Constructive retrieval: Benefits for learning, motivation, and metacognitive monitoring. Learning and Instruction, 94(August), 101974. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2024.101974
Heriyati. (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika [The effect of interest and motivation to learn on mathematics learning achievement]. Jurnal Formatif, 7(1), 22–32.
Herminayu, H., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512
Ibrahim, I. (2016). Deskripsi Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Sma Negeri 3 Maros Kabupaten Maros. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 370. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1704
Insari, R. D., Arasih, Y., & Marefanda, N. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat Desa Suak Puntong. JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan Dan Otonomi Daerah), 8(1), 1–16. https://doi.org/10.52447/gov.v8i1.5971
Kamsurya, M. A., Wijaya, A., Ramadhani, R., & Hukom, J. (2022). The Effect of Self-Efficacy on Students’ Mathematical Abilities: A Meta-Analysis Study. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 451–463. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202205
Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233
Liang, M., & Irawan, M. D. (2023). Analisis Aplikasi Sikar dengan Metode Triangulasi Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(4), 267–276. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i4.226
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Mawardi. (2018). Merancang model dan media pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1412
Nashirulhaq, N., Nurzaelani, M. M., & Raini, Y. (2022). Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi Dan Numerasi Di Jenjang Pendidikan Smp. Prosiding, 118–122. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/download/1313/974
Nirtha, E. N., Ismanto, B. I., & Sulasmono, B. S. (2021). LCL Model Experiential Learning based Training Model Development to Improve Teacher Competence in Designing Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 430. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.33832
Nur, I. M., Sari, D. P., & Jalal, A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media GeoGebra pada Siswa SMA untuk Mendukung Pembelajaran Matematika. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 1979–1988. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9363
Pamungkas, S. F., Widiastuti, I., & Suharno. (2019). Kolb’s experiential learning for vocational education in mechanical engineering: A review. AIP Conference Proceedings, 2114(June). https://doi.org/10.1063/1.5112427
Patawaran, N., Kom, M., Purwanty, R., Pd, S., Pd, M., Nirtha, E., & Pd, M. (2023). Digitalization of Educational Services Marketing Program on the Primary School Teacher of Musamus University International Journal of Business , Law , and Education. 4(2), 1537–1543.
Putri, K., & Assidiq, F. M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Penerapan Sistem Manajemen K3 Serta Langkah Menciptakan Safety Culture Terhadap Pt. Gunanusa Utama Fabricators. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, November, 27–32. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i1.19385
Radhiatul Ashaf, A., Samad, S., & Anas, M. (2021). Perilaku Prokrastinasi Akademik (Studi Kasus Pada Siswa Di SMPN 1 Gantarangkeke Kab. Bantaeng). Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Makassar, 2, 1–23.
Rokhima, N., & Pamungkas, D. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Matematika, 1(01), 11–16.
Sihotang, R. A., Cendana, W., & Dita, C. K. (2020). The Use of Video in Improving Student’s Attention in Learning Process of Kindergarten Students. International Journal of Elementary Education, 4(4), 496–502. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.28430
Studi, P., Matematika, P., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Sunan, U. I. N., & Djati, G. (2020). Penelitian Dan Pengembangan ( Research and Development / R & D ) Pada Bidang Pendidikan. 1172050049, 1–27.
Suciyati, S., Rosadi, D., & Mariamah, M. (2022). Elementary School Students Numeration Ability. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 8(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v8i1.12218
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444.
SURYATI, A., ROCHMAN, C., & NURMILA, N. (2019). Analisis Standar Kompetensi Kelulusan Di Sdn 231 Sukaasih Bandung. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 104. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.214
Tafano, T., & Saputra, S. (2021). Teknologi Dan Covid: Tantangan Dan Peluang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi. Djtechno Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i1.1256
Utami, A. M., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2023). Pengaruh Srategi Pembelajaran REACT Berbantuan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV di SDN Manggalasari. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 17–23. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.371
Yonanta, A. F., Rigianti, H. A., & Heru Purnomo. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGO. Jurnal DIKDAS BANTARA, 7(1), 11–24.
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.
Zulfiah, E., Putri, N. N. N., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 414–422. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.606
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Nirtha, Andreas Au Hurit, Ratna Purwanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.