Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Numerasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Eva Nirtha Universitas Musamus
  • Andreas Au Hurit Universitas Musamus
  • Ratna Purwanty Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.462

Keywords:

Minat Belajar, Literasi Numerasi, Motivasi Belajar, Numerasi Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan minat belajar mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam belajar numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi. Data dikumpulkan melalui triangulasi teknik dengan observasi, wawancara mendalam, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan model analisis oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti persepsi terhadap relevansi numerasi dalam karir, kualitas pengajaran, dukungan akademik, fasilitas pendidikan, dan sikap terhadap mata pelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap motivasi dan minat belajar numerasi. Kesimpulannya, faktor-faktor seperti persepsi relevansi numerasi dalam karir, kualitas pengajaran, dukungan akademik, fasilitas pendidikan, dan sikap terhadap matematika memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi dan minat mahasiswa PGSD dalam belajar numerasi. Untuk meningkatkan motivasi dan minat tersebut, penting bagi lembaga pendidikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dan menerapkan strategi yang mendukung, seperti memperbaiki kualitas pengajaran, menyediakan dukungan akademik yang memadai, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Temuan ini memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan dan praktik yang dapat meningkatkan pengalaman belajar numerasi bagi mahasiswa PGSD, sehingga mereka dapat lebih siap untuk mengajarkan materi numerasi dengan efektif di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 3. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eltar/article/view/102675

Aini, K. N., Asmana, A. T., & Rosyid, H. (2024). Developing Students’ Book Characterized Realistic Mathematics Education (RME) to Improve Numeration Literacy Skill. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 8(1), 38–49. https://doi.org/10.24036/jep/vol8-iss1/818

Almia, K. (2019). Analisis Faktor Ketimpangan Konstribusi Kecerdasan Intelektual (Iq) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2016 UIN Alauddin Makassar. Skripsi UIN Alauddin Makasar.

Asharini, N. A., Hardyastuti, S., Irham, I., Hamidi, H., Jufri, A. W., Karta, W., Ayundasari, D. Y., Sudiro, A., Irawanto, D. W., Muindi, F., K ’obonyo, P., Nurheni, Sukmawati, A., & Dirdjosuparto, S., & Al Dalayeen, B. (2017). Keterlekatan Pegawai Generasi X Dan Generasi Y Pada Pt . Yudhistira Ghalia Indonesia. Erudio Journal of Educational Innovation, 1111(1), 1857–7881.

Baidowi, A. (2022). Manajemen Perubahan Pendidikan. Jambura Journal of Educational Management, 3, 55–63. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1278

Barlia, L. (2010). Elementary School Teachers Personality in Students Learning Motivation To Understand Concept of Science. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 14–26. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.215

Berkualitas, G., & Pendidikan, M. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(0).

Darma Wisada, P., Komang Sudarma, I., & Wayan Ilia Yuda S, I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21735

Darmiany, A. (2016). Pengembangan Model Pelatihan Soft-Skills Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Di Kota Mataram. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 47–54. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p047

Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(2), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Dwikurnaningsih, Y., & Waruwu, M. (2022). Jurnal Pendidikan Progresif Evaluation of the Effectiveness of Online Training to Improve Lecturers ’ Ability in E-Learning Management Using the Kirkpatrick Model. 12(2), 660–672. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.

Ekawati, R., Firdaus, F., & Wahyuni, Y. S. (2022). Pentingnya Literasi Numberasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bersama Radio Rri. Menara Pengabdian, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3932

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Endres, T., Carpenter, S., & Renkl, A. (2024). Constructive retrieval: Benefits for learning, motivation, and metacognitive monitoring. Learning and Instruction, 94(August), 101974. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2024.101974

Heriyati. (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika [The effect of interest and motivation to learn on mathematics learning achievement]. Jurnal Formatif, 7(1), 22–32.

Herminayu, H., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512

Ibrahim, I. (2016). Deskripsi Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Sma Negeri 3 Maros Kabupaten Maros. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 370. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1704

Insari, R. D., Arasih, Y., & Marefanda, N. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat Desa Suak Puntong. JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan Dan Otonomi Daerah), 8(1), 1–16. https://doi.org/10.52447/gov.v8i1.5971

Kamsurya, M. A., Wijaya, A., Ramadhani, R., & Hukom, J. (2022). The Effect of Self-Efficacy on Students’ Mathematical Abilities: A Meta-Analysis Study. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 451–463. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202205

Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233

Liang, M., & Irawan, M. D. (2023). Analisis Aplikasi Sikar dengan Metode Triangulasi Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(4), 267–276. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i4.226

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Mawardi. (2018). Merancang model dan media pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1412

Nashirulhaq, N., Nurzaelani, M. M., & Raini, Y. (2022). Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi Dan Numerasi Di Jenjang Pendidikan Smp. Prosiding, 118–122. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/download/1313/974

Nirtha, E. N., Ismanto, B. I., & Sulasmono, B. S. (2021). LCL Model Experiential Learning based Training Model Development to Improve Teacher Competence in Designing Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 430. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.33832

Nur, I. M., Sari, D. P., & Jalal, A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media GeoGebra pada Siswa SMA untuk Mendukung Pembelajaran Matematika. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 1979–1988. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9363

Pamungkas, S. F., Widiastuti, I., & Suharno. (2019). Kolb’s experiential learning for vocational education in mechanical engineering: A review. AIP Conference Proceedings, 2114(June). https://doi.org/10.1063/1.5112427

Patawaran, N., Kom, M., Purwanty, R., Pd, S., Pd, M., Nirtha, E., & Pd, M. (2023). Digitalization of Educational Services Marketing Program on the Primary School Teacher of Musamus University International Journal of Business , Law , and Education. 4(2), 1537–1543.

Putri, K., & Assidiq, F. M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Penerapan Sistem Manajemen K3 Serta Langkah Menciptakan Safety Culture Terhadap Pt. Gunanusa Utama Fabricators. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, November, 27–32. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i1.19385

Radhiatul Ashaf, A., Samad, S., & Anas, M. (2021). Perilaku Prokrastinasi Akademik (Studi Kasus Pada Siswa Di SMPN 1 Gantarangkeke Kab. Bantaeng). Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Makassar, 2, 1–23.

Rokhima, N., & Pamungkas, D. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Matematika, 1(01), 11–16.

Sihotang, R. A., Cendana, W., & Dita, C. K. (2020). The Use of Video in Improving Student’s Attention in Learning Process of Kindergarten Students. International Journal of Elementary Education, 4(4), 496–502. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.28430

Studi, P., Matematika, P., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Sunan, U. I. N., & Djati, G. (2020). Penelitian Dan Pengembangan ( Research and Development / R & D ) Pada Bidang Pendidikan. 1172050049, 1–27.

Suciyati, S., Rosadi, D., & Mariamah, M. (2022). Elementary School Students Numeration Ability. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 8(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v8i1.12218

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444.

SURYATI, A., ROCHMAN, C., & NURMILA, N. (2019). Analisis Standar Kompetensi Kelulusan Di Sdn 231 Sukaasih Bandung. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 104. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.214

Tafano, T., & Saputra, S. (2021). Teknologi Dan Covid: Tantangan Dan Peluang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi. Djtechno Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i1.1256

Utami, A. M., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2023). Pengaruh Srategi Pembelajaran REACT Berbantuan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV di SDN Manggalasari. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 17–23. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.371

Yonanta, A. F., Rigianti, H. A., & Heru Purnomo. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGO. Jurnal DIKDAS BANTARA, 7(1), 11–24.

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.

Zulfiah, E., Putri, N. N. N., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 414–422. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.606

Published

20-11-2024

How to Cite

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Numerasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (2024). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 01-11. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2.462