Peningkatan Minat Baca melalui Pendekatan Pembelajaran Tematik pada Siswa SDN Kebonsari 1-414 Surabaya

Authors

  • Arida Faizhatus Sholiha Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  • Hernik Farisia Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  • Jihan Nabilah Zhafirah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  • Aprilia Imroatun Nazhifah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.359

Keywords:

Minat Baca, Pendekatan, Pembelajaran Tematik

Abstract

Minat baca merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan belajar siswa. Namun, masih banyak siswa di sekolah dasar yang kurang memiliki minat baca.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan minat baca siswa melalui pendekatan pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan pendekatan dokumentasi yang dilakukan dengan observasi dan wawancara. Penelitian ini menjelaskan beberapa aspek terkait pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat baca siswa, seperti pengenalan kata-kata baru dalam konteks yang menyenangkan, penggunaan buku baca yang menarik, penerapan pembelajaran tematik yang variatif, dan peningkatan keterampilan membaca melalui pembelajaran tematik. Penelitian ini juga membahas hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini ditulis dengan harapan pembelajaran tematik dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan minat baca siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Dengan pendekatan pembelajaran tematik yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih antusias dan terampil dalam membaca, sehingga dapat meningkatkan kemampuan akademiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Guthrie, J. T., Wigfield, A., & Perencevich, K. C. (2004). Motivating reading comprehension: Concept-oriented reading instruction. Lawrence Erlbaum Associates.

Kamil, M. L. (2003). The Effects of Thematic-Text Sets on the Comprehension and Production of Narrative and Expository Texts. Journal of Literacy Research, 35(2), 165-202.

Pangestu, R. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43–53. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/14629/14201

Siti Esah,Sugiyono, S. (2020). Penerapan Pendekatan Tematik Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik di Kelas 1 SD 3 Siantan. 1–14.

Published

30-11-2023

How to Cite

Peningkatan Minat Baca melalui Pendekatan Pembelajaran Tematik pada Siswa SDN Kebonsari 1-414 Surabaya. (2023). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 10-16. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i2.359