Penerapan Model Word Square dan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas III SD GMIT Airnona 2
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v1i1.27Keywords:
Word Square, Talking Stick, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini telah dilaksanakan di SD GMIT Airnona 2 pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 05 September 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model word square dan model talking stick pada peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model word square dan model talking stick pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik sangat aktif dan berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sehingga presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I berjumlah 68,96 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96,55 %. Maka penelitian ini dengan menggunakan model word square dan model talking stick dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2.
Downloads
References
Agus Suprijono. 2015. Cooperative Learning.Yoyakarta : Pustaka Belajar
Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes Press.
Aunurahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta
Dewi, rosmala. 2015. Professionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan : Unimed Press
Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Herwandannu, Brili dan Suprayitno.2018. Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempet Kedamen
Gresik(Jurnal). Surabaya: PGSD FIP. Universitas NegeriSurabaya. (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/viewFile/25699/23562. Diakses pada tanggal 27 Mei 2109)
Kurniasih, Berlin Sani 2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Professionalitas Guru. Jakarta
Istarani. 2011.58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan : media persada
Kusamah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Indeks
Komalasari, kokom. 2001. Pembelajaran Konstekstual Konsep Dan Aplikasi, Bandung : PT. Refika Aditama
M. Alisuf Sabri. 2010. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Maufur, H.F. 2009.Sejuta Jurus Mengajar Mengasikkan. PT. Sindur Press
Melkianus Hadi. 2017. Teori Belajar Dan Penerapannya Dalam Pelajaran PKn SD,Kupang
Mujiman. 2017. Model Pembelajaran Word Square, Jakarta : raja grafindo persada
Muhibbin syah. 2011. Psikologi belajar. Jakarta: bumi aksara
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Pambudi, I. L. Rendi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri
Suryodiningrat II Tahun Ajaran 2015/2016 (Jurnal). Yogyakarta. PGSD-S1. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://journal. student. UNY. Ac.id. Diakses pada tanggal 27 Mei 2017)
Sudjana. 2011. Metode Statistika. Bandung : Taristo
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Tampobolon Saur. 2014. PenelitianTindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.Jakarta : Erlangga
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





