Penerapan Model Word Square dan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas III SD GMIT Airnona 2

Authors

  • Rudolof Jibrael Isu Universitas Persatuan Guru 1945 Nusa Tenggara Timur
  • Melkianus Pote Hadi Universitas Karyadarma Kupang

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v1i1.27

Keywords:

Word Square, Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di SD GMIT Airnona 2 pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 05 September 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model word square dan model talking stick pada peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model word square dan model talking stick pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik sangat aktif dan berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sehingga presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I berjumlah 68,96 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96,55 %. Maka penelitian ini dengan menggunakan model word square dan model talking stick dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Purwoko. 2001. Panduan Penelitian PTK. Semarang : Unnes Press

Agus Suprijono. 2015. Cooperative Learning.Yoyakarta : Pustaka Belajar

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes Press.

Aunurahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta

Dewi, rosmala. 2015. Professionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan : Unimed Press

Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Herwandannu, Brili dan Suprayitno.2018. Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempet Kedamen
Gresik(Jurnal). Surabaya: PGSD FIP. Universitas NegeriSurabaya. (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/viewFile/25699/23562. Diakses pada tanggal 27 Mei 2109)

Kurniasih, Berlin Sani 2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Professionalitas Guru. Jakarta

Istarani. 2011.58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan : media persada

Kusamah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Indeks

Komalasari, kokom. 2001. Pembelajaran Konstekstual Konsep Dan Aplikasi, Bandung : PT. Refika Aditama

M. Alisuf Sabri. 2010. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Maufur, H.F. 2009.Sejuta Jurus Mengajar Mengasikkan. PT. Sindur Press

Melkianus Hadi. 2017. Teori Belajar Dan Penerapannya Dalam Pelajaran PKn SD,Kupang

Mujiman. 2017. Model Pembelajaran Word Square, Jakarta : raja grafindo persada

Muhibbin syah. 2011. Psikologi belajar. Jakarta: bumi aksara

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Pambudi, I. L. Rendi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri
Suryodiningrat II Tahun Ajaran 2015/2016 (Jurnal). Yogyakarta. PGSD-S1. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://journal. student. UNY. Ac.id. Diakses pada tanggal 27 Mei 2017)

Sudjana. 2011. Metode Statistika. Bandung : Taristo

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Tampobolon Saur. 2014. PenelitianTindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.Jakarta : Erlangga

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional

Published

12-11-2020

How to Cite

Isu, R. J. ., & Hadi, M. P. (2020). Penerapan Model Word Square dan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas III SD GMIT Airnona 2. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 42-48. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v1i1.27

Similar Articles

21-30 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.