Literatur Review: Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Adaptif dan Dampaknya terhadap Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.510Keywords:
Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Adaptif, Perkembangan Sosial-emosionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran adaptif di sekolah dasar serta implikasinya terhadap perkembangan sosial-emosional siswa. Kajian ini menggunakan metode literature review dengan menelaah berbagai sumber penelitian terkini terkait pemanfaatan AI dalam pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI memberikan manfaat besar, antara lain meningkatkan efektivitas pembelajaran, memungkinkan personalisasi materi sesuai kemampuan dan gaya belajar siswa, serta membantu guru dalam pemantauan dan evaluasi. Namun, literatur juga menyoroti potensi dampak negatif, seperti berkurangnya interaksi sosial, isolasi emosional, dan ketergantungan terhadap teknologi. Dalam konteks pendidikan dasar yang menekankan pembentukan karakter dan keterampilan sosial, hal ini menjadi perhatian penting. Oleh karena itu, integrasi AI dalam pendidikan perlu dilakukan secara bijak dengan memperkuat peran guru sebagai fasilitator empatik serta memastikan ruang interaksi sosial tetap terjaga. Model pembelajaran hibrida yang menggabungkan teknologi dan interaksi manusia direkomendasikan sebagai strategi untuk menyeimbangkan pencapaian akademik dan kesejahteraan emosional siswa.
Downloads
References
Boiliu, E. R., & Messakh, J. J. (2024). Pembelajaran Adaptif sebagai Inovasi Strategi Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 133–153. https://doi.org/10.53547/realkiddos.v2i2.528
Chardonnens, S. (2025). Adapting educational practices for Generation Z: integrating metacognitive strategies and artificial intelligence. Frontiers in Education, 10. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1504726
Darulanda, H., Padangjati, A. N., & Al-marami, Z. (2023). Narasi Populer tentang AI dalam Pendidikan : Studi Literatur Wacana Daring Pendahuluan. 3(2), 99–109.
Daulay, M. I., Daulay, D. H., Pahlawan, U., Tambusai, T., Artikel, R., & Tradisional, P. (2025). Pemanfaatan artificial intelligence (ai) untuk anak usia dini. 5(1), 158–167.
Doğan, Y., Batdı, V., Topkaya, Y., Özüpekçe, S., & Akşab, H. V. (2025). Effectiveness of Artificial Intelligence Practices in the Teaching of Social Sciences: A Multi-Complementary Research Approach on Pre-School Education. Sustainability (Switzerland), 17(7). https://doi.org/10.3390/su17073159
Erstad, O., Černochová, M., Knezek, G., Furuta, T., Takami, K., & Liang, C. (2024). Social and Emotional Modes of Learning Within Digital Ecosystems: Emerging Research Agendas. Technology, Knowledge and Learning, 29(4), 1751–1766. https://doi.org/10.1007/s10758-024-09775-w
Fathin, D. U., Prasetyo, T., & Yuliani, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi AI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. 1(2), 82–89.
Hamit, Ö. & P. Y. (2024). A Theoretical Analysis For Resilience : Developing A Complex Adaptive Leadership Article / Makalenin ; Submission Date / Gönderilme Tarihi : 03 June / Haziran 2024 Accepted Date / Kabul Tarihi : 29 June / Haziran 2024. Anatolian Journal of Educational Leadership and Instruction], 12(1), 49–72.
Isnain, N. (2025). Implementasi Artificial Intelligence dalam Sektor Pendidikan. 2(2).
Jayawardana, H. B. . (2023). Potensi Penerapan Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 251–255. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1515
Khaeruddin, S. (2025). Dampak Kecerdasan Buatan Terhadap Metode Pembelajaran. 10(1).
Latif, M. (2025). Analisis Efektivitas Dalam Pembelajaran : Guru Versus Artificial Intelligence. 1, 1–13.
Lin, H., & Chen, Q. (2024). Artificial intelligence (AI) -integrated educational applications and college students’ creativity and academic emotions: students and teachers’ perceptions and attitudes. BMC Psychology, 12(1). https://doi.org/10.1186/s40359-024-01979-0
Lyna Sari, D. (2024). Eksplorasi Cerita Rakyat Bengkulu Dalam Format Video 3d Berbantuan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesia Journal of Teaching and Learning, 3(2), 108–117. http://journals.eduped.org/index.php/intel
Malek, A. N. (2025). Revolutionizing education and therapy for students with autism spectrum disorder : a scoping review of AI-driven tools , technologies , and ethical implications. February. https://doi.org/10.1007/s43681-024-00608-1
Putri, R., Rabbani, A., & Widyatama, U. (2025). Kecerdasan buatan dalam aplikasi pembelajaran. February.
Sukasih, S. (2021). Digital Literation and Development Emotional Social Skills at Elementary School Students in The Social Era 5.0. Proceeding, 17–26. https://journal.kapin.org/index.php/Proceeding/article/view/11%0Ahttps://journal.kapin.org/index.php/Proceeding/article/download/11/12
Suryani, A., Rohman, F., Lampung, U., Islam, U., Lampung, A., & Lampung, D. (2024). Artificial Intelligence sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. 13(3), 391–415.
Vyas, M. (2024). An Analysis Of Pre & Post Merger Issues Concerning Different (Issue April).
Walker, G., & Venker Weidenbenner, J. (2019). Social and Emotional Learning in the age of virtual play: technology, empathy, and learning. Journal of Research in Innovative Teaching and Learning, 12(2), 116–132. https://doi.org/10.1108/JRIT-03-2019-0046
Yulianto, R., & Maulidiyah, E. (2022). Inovasi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(3), 123.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zainal Abidin, Imam Kusmaryono, Nuhyal Ulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.