Analisis Kedisiplinan Siswa Kelas III terhadap Peraturan Kelas di SD Negeri Tambangan 01 Kota Semarang

Authors

  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang
  • Fatimah Nurul Haliim Universitas Negeri Semarang
  • Adiibah Asmaa Shofiyah Universitas Negeri Semarang
  • M. Dewantoro Universitas Negeri Semarang
  • Nuzulia Fatimatur Rohmah Universitas Negeri Semarang
  • Aisyah Wardatun Nisa Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.516

Keywords:

Kedisiplinan, Peraturan Kelas, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa kelas III SD Negeri Tambangan 01, faktor yang memengaruhinya, serta strategi peningkatannya. Latar belakangnya adalah temuan pra-survei bahwa masih terjadi pelanggaran tata tertib (terlambat hadir, atribut seragam tidak lengkap, kurang tertib di kelas) yang mengganggu efektivitas pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif; data diperoleh melalui observasi kelas, wawancara guru, dokumentasi, dan angket terhadap 28 siswa selama tiga minggu (Maret 2024). Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman (reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan), dengan keabsahan dijaga melalui triangulasi teknik dan sumber serta member check. Hasil menunjukkan kedisiplinan secara umum baik ditandai kehadiran tepat waktu, kerapian seragam, dan ketepatan pengumpulan tugas namun sebagian siswa belum konsisten. Faktor penentu meliputi kejelasan peraturan, pembinaan guru, pengaruh teman sebaya, motivasi belajar, dan iklim sekolah. Disimpulkan bahwa pembiasaan, kesepakatan kelas, penghargaan, dan sanksi edukatif perlu diterapkan berkelanjutan; penelitian lanjutan disarankan memperluas subjek dan menguji efektivitas strategi tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainurrohman, M. T., Desstya, A., & Artik, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning: Studi pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 156–164. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.418

Fiandi, A. (2023). Upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa ( Studi Kasus Pada MTsN 11 Agam ). 1(7), 661–665.

Ika Susanti, & Ninik Dwi Atmini. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Menggunakan Metode Angket Dengan Teknik Cluster Sampling. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 330–337. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.904

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325

Sari, F. F., & Aisyah, S. (2021). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 84–98. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i2.65

Sayid Ahmad Fauzi, & Benny Angga Permadi. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Kelas IV Mi Miftahul Ulum Pandan Arum. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 60–67. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.23

Sofiati, R., & Pratikno, A. S. (2024). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan …. Civics Education …, 8(2022), 43240–43248.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Talitha Elvina. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Kelas 9 Dalam Pembelajaran Tatap Muka Di Smp X Di Surakarta. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 42–51. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i1.901

Published

31-07-2025

How to Cite

Analisis Kedisiplinan Siswa Kelas III terhadap Peraturan Kelas di SD Negeri Tambangan 01 Kota Semarang. (2025). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 119-127. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.516

Similar Articles

1-10 of 57

You may also start an advanced similarity search for this article.