Analisis Kedisiplinan Siswa Kelas III terhadap Peraturan Kelas di SD Negeri Tambangan 01 Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.516Keywords:
Kedisiplinan, Peraturan Kelas, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa kelas III SD Negeri Tambangan 01, faktor yang memengaruhinya, serta strategi peningkatannya. Latar belakangnya adalah temuan pra-survei bahwa masih terjadi pelanggaran tata tertib (terlambat hadir, atribut seragam tidak lengkap, kurang tertib di kelas) yang mengganggu efektivitas pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif; data diperoleh melalui observasi kelas, wawancara guru, dokumentasi, dan angket terhadap 28 siswa selama tiga minggu (Maret 2024). Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman (reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan), dengan keabsahan dijaga melalui triangulasi teknik dan sumber serta member check. Hasil menunjukkan kedisiplinan secara umum baik ditandai kehadiran tepat waktu, kerapian seragam, dan ketepatan pengumpulan tugas namun sebagian siswa belum konsisten. Faktor penentu meliputi kejelasan peraturan, pembinaan guru, pengaruh teman sebaya, motivasi belajar, dan iklim sekolah. Disimpulkan bahwa pembiasaan, kesepakatan kelas, penghargaan, dan sanksi edukatif perlu diterapkan berkelanjutan; penelitian lanjutan disarankan memperluas subjek dan menguji efektivitas strategi tertentu.
Downloads
References
Ainurrohman, M. T., Desstya, A., & Artik, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning: Studi pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 156–164. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.418
Fiandi, A. (2023). Upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa ( Studi Kasus Pada MTsN 11 Agam ). 1(7), 661–665.
Ika Susanti, & Ninik Dwi Atmini. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Menggunakan Metode Angket Dengan Teknik Cluster Sampling. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 330–337. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.904
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325
Sari, F. F., & Aisyah, S. (2021). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 84–98. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i2.65
Sayid Ahmad Fauzi, & Benny Angga Permadi. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Kelas IV Mi Miftahul Ulum Pandan Arum. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 60–67. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.23
Sofiati, R., & Pratikno, A. S. (2024). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan …. Civics Education …, 8(2022), 43240–43248.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Talitha Elvina. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Kelas 9 Dalam Pembelajaran Tatap Muka Di Smp X Di Surakarta. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 42–51. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i1.901
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susilo Tri Widodo, Fatimah Nurul Haliim, Adiibah Asmaa Shofiyah, M. Dewantoro, Nuzulia Fatimatur Rohmah, Aisyah Wardatun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.