Strategi Guru dalam Menerapkan Pendekatan Deep Learning di Sekolah Dasar

Authors

  • Lintang Elita Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Arman Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Nani Oktavia Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Niken Ayu Puspita Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Mutiara Maulida Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Muhammad Husni Sani Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i3.673

Keywords:

Deep Learning, Strategi Pembelajaran, Sekolah Dasar, Guru , Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam menerapkan pendekatan deep learning di sekolah dasar serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan guru kelas tinggi di UPT SD Negeri 1 Sukoharjo I sebagai subjek utama. Data dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara terbuka yang menyoroti strategi pembelajaran, pemanfaatan teknologi, serta praktik refleksi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memahami deep learning sebagai pembelajaran berpusat pada siswa yang menekankan keterlibatan aktif, berpikir kritis, kolaborasi, dan kemampuan reflektif. Strategi yang diterapkan meliputi Problem Based Learning, diskusi kelompok, observasi lapangan, dan pembelajaran kontekstual yang relevan dengan pengalaman siswa. Guru juga memanfaatkan media digital untuk meningkatkan interaktivitas, meskipun masih menghadapi keterbatasan fasilitas dan jaringan internet. Selain itu, guru menunjukkan komitmen profesional melalui pelatihan dan refleksi pembelajaran. Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi deep learning berjalan positif, tetapi memerlukan dukungan sarana, kebijakan sekolah, dan pelatihan berkelanjutan agar dapat diterapkan secara lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S., Zen, Z., Hamimah, H., Masniladevi, M., Kenedi, A. K., & Mardin, A. (2025). Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis Deep Learning dan Teknologi untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 5(3), 1138–1146.

Alfianingtias, D., & Hadi, M. S. (2025). The Influence of Learning Communities, Teacher Pedagogical Competence, and School Readiness on the Implementation of the Deep Learning Approach in Elementary Schools in Cipondoh Subdistrict, Tangerang City. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 9(7), 3493–3498.

Barokah, N., & Mahmudah, U. (2025). Transformasi pembelajaran matematika SD melalui deep learning: Strategi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(3), 48–61.

Echeverría, G. S. G., Alvarez, A. F. Y., Espinosa, M. J. A., Aguayo, E. M. L., & Rodriguez, P. M. L. (2023). Recursos digitales con Inteligencia Artificial para mejorar el Aprendizaje de los Estudiantes de Primaria. Ciencia Latina Revista Científica Multidisciplinar, 7(4), 1463–1481.

Feri, M., Ismiati, N., Al-Nur, W. R., & Akbar, F. N. (2025). Implementing Deep Learning Approaches in Primary Education: A Literature Review. Jurnal VARIDIKA, 178–195.

Kontesa, D. A., & Fuadi, D. (2023). Penerapan pendekatan pembelajaran Active Deep Learner Experience dalam membangun kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1416–1427.

Lubis, Y., Dalimunte, M., Salmiah, M., Lubis, Z., & Ismahani, S. (2024). Utilizing AI to improve the quality of learning in Elementary Schools in Indonesia. BIO Web of Conferences, 146, 1089.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Nurhidayati, Tusino, & Ariyanti, R. D. (2025). Strategi Inovatif Pembelajaran Mendalam: Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Solusi Bersama: Jurnal Pengabdian Dan Kesejahteraan Masyarakat, 2(2), 11–21.

Salazar, Y. A. M., Rodríguez, E. S. M., Alcívar, M. I. H., Granda, B. L. S., & Muñoz, Z. S. V. (2025). Aplicación de la Inteligencia Artificial en la Educación Básica: Personalización del Aprendizaje y Mejora del Rendimiento Académico. Revista Científica de Salud y Desarrollo Humano, 6(2), 54–82.

Saputra, R. F. A., Ridha, M., & Sulaimon, J. T. (2025). Deep Learning Applications in Primary Education: A Systematic Literature Review of Emerging Trends, Challenges, and Opportunities. Jurnal Pendidikan Progresif, 15(3), 1785–1810.

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi pendidikan dengan menggunakan model deep learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69–77.

Published

30-11-2025

How to Cite

Elita, L. ., Arman, A., Oktavia, N. ., Puspita, N. A. ., Maulida, M. ., & Sani, M. H. . (2025). Strategi Guru dalam Menerapkan Pendekatan Deep Learning di Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(3), 203-208. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i3.673

Similar Articles

1-10 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)