Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi di SDN Inpres 5 Dobo Menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.210Keywords:
literasi numerasi, metode student facilitator and explainingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN 5 Dobo, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kepulauan Aru, Maluku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan 15 orang siswa kelas IVA SDN Inpres 5 Dobo. Data diperoleh menggunakan observasi, ter tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Peningkatan kemampuan literasi numerasi telah memenuhi kriteria yang ditunjukkan dengan hasil tes kemampuan literasi numerasi mengalami peningkatan dari sebelum tindakan. Sebelum tindakan, ketuntasan siswa hanya sebesar 20%, pada siklus I mencapai 33%, dan pada siklus II mencapai 46%. Dalam kegiatan belajar mengajar diharapkan guru dapat menjadikan metode tersebut sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti.
Downloads
References
Arahmah, Fidian & Banindra Yudha, Chrisnaji. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. (209-218)
Dian Patriana, Wendy & Sutama. (2021). Pembudayaam Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikulum pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. (3413-3429).
Sarah Laelatul Fauziah. (2022). Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. (2605-2615).
Azizah Hasna & Dwi Kurniasih, Meyta. (2022). Analisis Hubungan Perhatian Orang Tua dan Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. (4758-4765).
Ratna Sari, Desi & Lukman, Nur’aeni. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum NUmerasi Sekolah Dasar. (153-162).
Kamardana, G & I. I Lasmawan. (2021). Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. (115-125).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bintang Lony Vera Victory

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.