Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi di SDN Inpres 5 Dobo Menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining

Authors

  • Bintang Lony Vera Victory Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.210

Keywords:

literasi numerasi, metode student facilitator and explaining

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN 5 Dobo, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kepulauan Aru, Maluku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan 15 orang siswa kelas IVA SDN Inpres 5 Dobo. Data diperoleh menggunakan observasi, ter tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Peningkatan kemampuan literasi numerasi telah memenuhi kriteria yang ditunjukkan dengan hasil tes kemampuan literasi numerasi mengalami peningkatan dari sebelum tindakan. Sebelum tindakan, ketuntasan siswa hanya sebesar 20%, pada siklus I mencapai 33%, dan pada siklus II mencapai 46%. Dalam kegiatan belajar mengajar diharapkan guru dapat menjadikan metode tersebut sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arahmah, Fidian & Banindra Yudha, Chrisnaji. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. (209-218)

Dian Patriana, Wendy & Sutama. (2021). Pembudayaam Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikulum pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. (3413-3429).

Sarah Laelatul Fauziah. (2022). Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. (2605-2615).

Azizah Hasna & Dwi Kurniasih, Meyta. (2022). Analisis Hubungan Perhatian Orang Tua dan Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. (4758-4765).

Ratna Sari, Desi & Lukman, Nur’aeni. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum NUmerasi Sekolah Dasar. (153-162).

Kamardana, G & I. I Lasmawan. (2021). Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. (115-125).

Published

30-11-2022

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi di SDN Inpres 5 Dobo Menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining. (2022). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 1-5. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.210

Similar Articles

1-10 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.