Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad dalam Pembelajaran IPS bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Vinsensius Wangge Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.589

Keywords:

STAD, Cooperative Learning, IPS, Siswa Berkebutuhan Khusus, Tunagrahita Ringan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap pemahaman konsep IPS pada siswa berkebutuhan khusus (tunagrahita ringan) kelas V di SLB Negeri Pembina Kabupaten Lembata. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua kelompok: eksperimen (model STAD) dan kontrol (metode konvensional). Data diperoleh melalui pretest dan posttest. Hasil menunjukkan rata-rata gain score kelompok eksperimen sebesar 33,34, sedangkan kontrol hanya 16,66. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,05) yang mengindikasikan bahwa model STAD efektif dalam meningkatkan pemahaman IPS. Model ini juga mendorong interaksi sosial dan keterlibatan belajar siswa. Oleh karena itu, STAD layak diterapkan dalam pembelajaran IPS bagi siswa berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (Stad) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas 5 Mi Nurul Falah Jakarta. In Aleph.

Azhari, E., Saleh, L. M., & Marantika, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Maluku Tengah. Journal Agregate, 2(2), 262–270.

Diennis Dwi Mustika, M., Denanda Putri Mustiayu, L., Fakhriyani, L., & Indra Prawangsa, K. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal of Mathematics Education and Application, 3, 460. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Febriani, S. (2022). Analisis Deskriptif Standar Deviasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 910–913. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8194

Firdausyi, M. F. (2024). Educatus: Jurnal Pendidikan MUTU PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI INDONESIA. 2(2), 9–15. https://doi.org/10.69914/educatus.v2i2.12

Hairiah, M. (2013). Pembelajaran Kooperatif Model Stadpada Mata Pelajaran IPS Sofan Amri (2011:5). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak, 1, 105–112.

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Melalui Metoda Stad Kelas V Sdn 1 Rawa Laut Di Bandar Lampung. 3(2), 91–102.

Kari, I. G. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas V Melalui Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD di Sekolah …. Journal of Education Action Research, 7(1), 68–77.

Maesaroh, D. L., Sari, N. A., Putri, E. O., & Nofan, M. (2025). Strategi Pembelajaran Program Pelayanan Individual Siswa ABK di SD Inklusi. Kasman 2020.

Manalu, N. H. (2022). Jurnal pendidikan ips. Kompleksitas Konflik Ukraina-Rusia, Vol. 12, N(Konflik Ukraina-Rusia), 39–48. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.617

Mendrofa, J. J., & Yulizham, Y. (2021). Analisa Kalibrasi Alat Phototherapy Unit Menggunakan Phototherapy Radiometer. Jurnal Mutiara Elektromedik, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.51544/elektromedik.v5i1.3252

Ridwan, A., Nur Amanah Asdiniah, E., Afriliani, M., & Fadia Nurul Fitri, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Kompetitif Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(01), 447–459.

Suhardi, K. P., Idrus, N. A., & Sulhadri, Y. (2024). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDN Bawakaraeng II Kota Makassar. 1(2), 175–182.

Suratno. (2013). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Minat Siswa Di SMA N 10 Batanghari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 115.

Winata, K. A., Fauzi, T., & Surtiyoni, E. (2022). Model Bimbingan Konseling Berbasis E-Modul : Upaya Preventif Terhadap Perilaku Pornografi Siswa MTs Negeri 1 Muratara. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 16–25. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.3795

Windasari, R., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2024). Strategi Efektif untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran IPS Bagi Guru Sekolah Dasar. 7, 54–68.

Yattini. (2014). Pendekatan Klarifikasi Nilai Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Sebagai Pola Pengembangan Nilai-Nilai Karakter.

Yunus, V., Zakso, A., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif Pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 313–327. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2270

Zativalen, O., Hasanah, M., & Sulthon. (2016). Pengaruh Metode Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Dinoyo 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2000), 855–860.

Published

31-03-2025

How to Cite

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad dalam Pembelajaran IPS bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. (2025). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 70-81. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.589

Similar Articles

1-10 of 55

You may also start an advanced similarity search for this article.