Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Energi pada Siswa Kelas III SDN Asemrowo Surabaya

Authors

  • Anna Roosyanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Regita Pramesti Hapsari Hapsari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suprihatien Suprihatien Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.164

Keywords:

Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil belajar siswa, Perubahan Energi

Abstract

Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat diterapkan di Sekolah Dasar untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar materi Perubahan Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Asemrowo Surabaya yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas III-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil bahwa sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,002 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar materi Perubahan Energi pada siswa kelas III SDN Asemrowo Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, M. P., putra, i. K. A., & negara, i. G. A. O. (2013). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd di gugus sri kandi kecamatan denpasar timur. Mimbar pgsd undiksha, 1(1), article 1. Https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.924

Ernawati, n. K. T., drs. I nyoman murda, m. P., & ni wayan rati, s. P. (2016). Penerapan model pembelajran snowball throwing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipa siswa kelas iii semester genap sdn 1 tegal badeng timur kecamatan negara kabupaten jembrana tahun pelajaran 2015/2016. Mimbar pgsd undiksha, 4(1), article 1. Https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7493

Huda, m. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka pelajar.

Kurniasih, i. (2017). Keefektifan model pembelajaran snowball throwing menggunakan media microsoft power point terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika ( studi eksperimen pada materi pokok lingkaran pada peserta didik kelas viii smp nu hasyim asy’ari tarub kabupaten tegal tahun pelajaran 2016/2017 ). Universitas pancasakti tegal.

Sudjana, N. (2014). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Remaja rosdakarya.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Suprijono, A. (2016). Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Pustaka pelajar.

Susanto, A. (2016). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Prenamedia group.

Uno, H. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. PT bumi aksara bandung.

Published

30-05-2022

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Energi pada Siswa Kelas III SDN Asemrowo Surabaya. (2022). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.164

Similar Articles

1-10 of 60

You may also start an advanced similarity search for this article.