Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Permainan Monopoli Terhadap Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.513Keywords:
Monopoli, Hasil Belajar, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, kelayakan dan membandingkan perbedaan hasil belajr sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Monopoli Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada topik keberagaman yang ada di Indonesia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian inij merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan berupa preexperimental dengan sistem one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara pada saat pra-penelitian, dokumentasi, serta kuisioner atau angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pretest memperoleh rata-rata 43,86 dan nilai posttets memperoleh rata-rata 80,00. Dengan nilai signifikasi pretest 0,29 dan nlai signifikasi posttest 1,79. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon yang memperlihatkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau taraf kesalahan 0.000 yaitu berarti Asymp. Sig. (2-tailed) <0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan nilai posttest hasil belajar Pendidikan Pancasila pada kelas IV Sekolah Dasar.
Downloads
References
Benu, R. S. M., Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2024). Simulasi Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Taman Baca Oesapa Kelurahan Kelapa Lima Kota Kupang. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.224
Hermayanti, M., Rondli, W. S., & Riswari, L. A. (2023). Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Roda Putar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2453-2461.
Kuryanto, M. S., & Pratiwi, I. A. (2018). Hubungan Permainan Tradisional Betengan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 133- 138.
Mufatikhah, N., Rondli, W. S., & Santoso. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. Jurnal Educatio, 465-471.
Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 161-167.
Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan minat belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365.
Pendidikan, J., & Konseling, D. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408.
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan KewarganegaraanUndiksha, 8(2), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Ilahi, F., Montessori, M., & Suryana, D. (2020). Pendekatan Problem Solving (PBL) terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 969–976. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.490
Islami, A. N., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2022). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di Desa Tunjungharjo Kecamatan Tegowanu Grobogan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 3915–3925.
Jenahut, K. S., & Lake, A. C. O. R. (2023). Articulate Storyline-Based Learning Media Loaded with Local Wisdom Values in Historical Narrative Text Material for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 566-578.
Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28-43.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 10–15. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.720
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Lks, P., Terintegrasi, F., Berbasis, K., Ctl, P., Meningkatkan, U., & Belajar, H. (2014). Unnes Physics Education Journal. 3(3), 77–83.
Jelvida, R. G. (2019). Pengembangan Media Permainan Monopoli Keragaman Indonesia Berbasis Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan Kelas Iv Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar, https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/ppkn/article/view/110.
Umayah, R., & Harmanto. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem dalam
Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. 07(02), 1023–1037. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-kewarganegaraa/article/view/30124/27613.
Kadek, N., & Kartika, D. (2021). Media Permainan Monopoli Pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 79–75. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. 9(1), 30–39.
Merpati, T., Lexi Lonto, A., & Biringan, J. (2018). Jurnal Civic Education, Vol. 2 No. 2 Desember 2018. Jurnal Civic Education, 2(2), 62–68.
Monika, A., & Pembelajaran, P. (n.d.). Pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika (monika) pada pembelajaran matematika. 133–140.
Munte, S. D. N. (n.d.). SD Negeri Munte Pendidikan Pancasila | Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 4 1. Sem 1, 2–4.
Novianti, L. A., & Anjarini, T. (2022). Penerapan Model STAD Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia Di Kelas III SD Negeri Korowelang. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 76–84. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391
Saputri, I. S. Y., Fadli, M., & Surya, I. (2017). Implementasi E-Commerce Menggunakan Metode UCD (User Centered Design) Berbasis Web. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 6(2), 269–278. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakt/article/view/1378
Sihotang, N. (2022). Penerapan Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Prosiding SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 60–67.
Hidayat, H. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2).http://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24759.
Sumarantri, H. (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Pada Mata Pelajaran PKN DI SD Setia Budi Abadi. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy, 1(1).https://jurnal.uisu.ac.id/index. php/jetcivil/article/view/3601.
Jelvida, R. G. (2019). Pengembangan Media Permainan Monopoli Keragaman Indonesia Berbasis Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan Kelas Iv Sekolah Dasar.
Dinamika Sekolah Dasar, https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/ppkn/article/view/110.
Umayah, R., & Harmanto. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem dalam
Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. 07(02), 1023–1037. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-kewarganegaraa/article/view/30124/27613.
Wardani, K. 2010. “Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara”. Proceeding of the 4th International Conference on Teacher Education. Volume 8, Nomor 10, (hlm230-239).
M. Daryono, Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2011), h. 261.
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta:Bumi Aksara. (buku)
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.RINEKA CIPTA.
Arsyad Azhar.(2017). Media Pembelajaran. Jakarts: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.