Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Fauzan Mirza Al Muhammadi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dewi Yulianawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurlidah

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.507

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya capaian hasil belajar akibat dominasi metode ceramah yang monoton dan minim interaksi. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan subjek 28 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan baik pada rata-rata nilai maupun ketuntasan belajar setelah penerapan PBL. PBL terbukti mendorong keterlibatan aktif siswa, pengembangan kemampuan berpikir kritis, serta pemahaman materi Bahasa Indonesia secara lebih kontekstual. Temuan ini menguatkan penelitian sebelumnya bahwa PBL efektif diterapkan di sekolah dasar dan direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, I. E., Natalia, D., Suprima, S., Tarina, D. D. Y., Anam, A. K., & Lewoleba, K. K. (2023). Sosialisasi pentingnya pendidikan bagi generasi muda demi mewujudkan Indonesia emas 2045. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 322-331.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., Surahman, E. (2021). Problem Based Learning: Apa dan Bagaimana. Journal Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.

Arsyad, M. F. L., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ferdiyansyah, A., & Putra, E. C. S. (2024). Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Ceramah Dan Metode Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 661-666.

Atiyah, F., & Izzah, I. (2019). A Comparative Study on the Effectiveness of Using Direct and Audiovisual Methods for Enhancing Students Listening Comprehension. English Language in Focus (ELIF), 2(1), 9. https://doi.org/10.24853/elif.2.1.9-16

Firmando, S., Zain, M. I., & Thalha, T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Pada Kelas V SDN 24 Ampenan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 50-58.

Khoiruman, M, A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Linguistik, 9(2), 51-62.

Kurniawan, M, S., Wijayanti, O., Hawanti, S. (2020). Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73

Ladaria, Y. H., Lumintang, J. L. J., & Paat, C. J. (2020). Kajian sosiologi tentang tingkat kesadaran pendidikan pada masyarakat desa labuan kapelak kecamatan banggai selatan kabupaten Banggai Laut. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Mahuda, I., Layli, D. A., Alfianti, R., & Abizar, M. A. (2022). Penanaman Kesadaran Pentingnya Pendidikan dan Motivasi Belajar sebagai Upaya Pencegahan Putus Sekolah bagi Siswa SDN Lemah Abang. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 144-151.

Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549-3554.

Ramadhani, O., Marsanda, A., Damayanti, P, D., Suriansyah, A., Cinantya, C. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar untuk Membangun Generasi Berkualitas. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 151-160.

Rukmi, A. S., Azizah, A. N., Pramudita, A. P., Aprilia, V., & Tien-Hsiang, M. L. (2023). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 132-142.

Sagita, R., & Hamzah, R. A. (2024). Tantangan Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 29-35.

Suparlan. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245-258.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Effectiveness of online learning in Indonesian language learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.

Published

31-07-2025

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (2025). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 92-99. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.507

Similar Articles

1-10 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.