Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.507Keywords:
Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya capaian hasil belajar akibat dominasi metode ceramah yang monoton dan minim interaksi. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan subjek 28 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan baik pada rata-rata nilai maupun ketuntasan belajar setelah penerapan PBL. PBL terbukti mendorong keterlibatan aktif siswa, pengembangan kemampuan berpikir kritis, serta pemahaman materi Bahasa Indonesia secara lebih kontekstual. Temuan ini menguatkan penelitian sebelumnya bahwa PBL efektif diterapkan di sekolah dasar dan direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Anjani, I. E., Natalia, D., Suprima, S., Tarina, D. D. Y., Anam, A. K., & Lewoleba, K. K. (2023). Sosialisasi pentingnya pendidikan bagi generasi muda demi mewujudkan Indonesia emas 2045. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 322-331.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., Surahman, E. (2021). Problem Based Learning: Apa dan Bagaimana. Journal Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.
Arsyad, M. F. L., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ferdiyansyah, A., & Putra, E. C. S. (2024). Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Ceramah Dan Metode Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 661-666.
Atiyah, F., & Izzah, I. (2019). A Comparative Study on the Effectiveness of Using Direct and Audiovisual Methods for Enhancing Students Listening Comprehension. English Language in Focus (ELIF), 2(1), 9. https://doi.org/10.24853/elif.2.1.9-16
Firmando, S., Zain, M. I., & Thalha, T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Pada Kelas V SDN 24 Ampenan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 50-58.
Khoiruman, M, A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Linguistik, 9(2), 51-62.
Kurniawan, M, S., Wijayanti, O., Hawanti, S. (2020). Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73
Ladaria, Y. H., Lumintang, J. L. J., & Paat, C. J. (2020). Kajian sosiologi tentang tingkat kesadaran pendidikan pada masyarakat desa labuan kapelak kecamatan banggai selatan kabupaten Banggai Laut. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.
Mahuda, I., Layli, D. A., Alfianti, R., & Abizar, M. A. (2022). Penanaman Kesadaran Pentingnya Pendidikan dan Motivasi Belajar sebagai Upaya Pencegahan Putus Sekolah bagi Siswa SDN Lemah Abang. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 144-151.
Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549-3554.
Ramadhani, O., Marsanda, A., Damayanti, P, D., Suriansyah, A., Cinantya, C. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar untuk Membangun Generasi Berkualitas. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 151-160.
Rukmi, A. S., Azizah, A. N., Pramudita, A. P., Aprilia, V., & Tien-Hsiang, M. L. (2023). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 132-142.
Sagita, R., & Hamzah, R. A. (2024). Tantangan Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 29-35.
Suparlan. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245-258.
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Effectiveness of online learning in Indonesian language learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fauzan Mirza Al Muhammadi, Dewi Yulianawati, Nurlidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.