Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN Gunungtasik
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.426Keywords:
Alat Peraga, Sistem Pernapasan Manusia, Hasil BelajarAbstract
Dalam proses pembelajaran bersifat teacher centered (ceramah, penugasan, dan pengerjaan soal). Sehingga hasil belajar siswa banyak yang dibawah rata-rata dilihat dari nilai siswa khususnya pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Gunungtasik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 28 orang yang seluruhnya dijadikan sebagai sampel (sampel jenuh). Dengan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pretest dan posttest essay/ uraian. Teknis analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan paired sample test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data peneliti diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan paired sample test diperoleh asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dari uji statistik juga diperoleh < maka diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Gunungtasik
Downloads
References
Abd.Rozak dan Maifalinda Fatra. 2012. Perangkat & Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: FTIK UIN Syarif Hidayatullah
Darman Regina A, 2020. Belajar Dan Pembeljaran. Penerbit Guepedia The First On-Publisher In Indonesia.
Dewi Novi R, Yanitama A, Listiaji P, Akhlis I, Hardianti Risa D, Kurniawan Ismail O.2021. Pengembangan Media Dan Alat Peraga:Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran IPA. Penerbit Pustaka Rumah Cinta.
Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran,Yogyakarta: DIVA Press
Djoosudiro w.(2010). Modul Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA.Universitas Negeri Malang
Gustiana,(2014). Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Penerbit Ombak.
Harefa Darmawan, Buulolo Niscaya Putri K, Putri Hilda A, Ndruru Niat K, & dkk, 2023. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit CV Jejak, Anggota Ikapi
Hendrawan,B., Nugraha, M, F., Pratiwi Anggia,S., & dkk.(2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Tasikmalaya. Penerbit Edu Publisher.
Juawairia. Januari-Februari (2013) “Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia.” Volume IV. Nomor 1.85-Artikel Text-112-1-10-20200309.pdf.
Liminansih kintan, dkk.2023. Alat Peraga IPA Inovatif.Siletto Book. Yogjakarta.
Madyawati lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Penerbit Kencana
Rumiyati.( 2021). Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan dan Hasil Belajar. PT Nasya Expanding Management.
Sudjana, N. (2014). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Remaja rosdakarya.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sumiharsono Rudy & Hasanah Hasbiayatul. 2017. Media Pembelajaran. Penerbit CV Pustaka Abadi.
Suprijono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sisdiknas. UU no 20 tahun 2003. Tentang pengertian pendidikan.
Uki Nonci M, (2017) Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pembelajaran Biologi. 6(2), 6-8. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/download/20690/pdf.
Wahyuningsi Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Penerbit CV Budi Utama.
V.Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press Wasty Soemanto. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arina Apriliana, Yopa Taufik Saleh, Sunanih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.