Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN Gunungtasik

Authors

  • Arina Apriliana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Yopa Taufik Saleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sunanih Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.426

Keywords:

Alat Peraga, Sistem Pernapasan Manusia, Hasil Belajar

Abstract

Dalam proses pembelajaran bersifat teacher centered (ceramah, penugasan, dan pengerjaan soal). Sehingga hasil belajar siswa banyak yang dibawah rata-rata dilihat dari nilai siswa khususnya pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Gunungtasik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 28 orang yang seluruhnya dijadikan sebagai sampel (sampel jenuh). Dengan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pretest dan posttest essay/ uraian. Teknis analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan paired sample test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data peneliti diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan paired sample test diperoleh asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka  ditolak dan  diterima. Dari uji statistik juga diperoleh <  maka diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Gunungtasik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd.Rozak dan Maifalinda Fatra. 2012. Perangkat & Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: FTIK UIN Syarif Hidayatullah

Darman Regina A, 2020. Belajar Dan Pembeljaran. Penerbit Guepedia The First On-Publisher In Indonesia.

Dewi Novi R, Yanitama A, Listiaji P, Akhlis I, Hardianti Risa D, Kurniawan Ismail O.2021. Pengembangan Media Dan Alat Peraga:Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran IPA. Penerbit Pustaka Rumah Cinta.

Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran,Yogyakarta: DIVA Press

Djoosudiro w.(2010). Modul Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA.Universitas Negeri Malang

Gustiana,(2014). Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Penerbit Ombak.

Harefa Darmawan, Buulolo Niscaya Putri K, Putri Hilda A, Ndruru Niat K, & dkk, 2023. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit CV Jejak, Anggota Ikapi

Hendrawan,B., Nugraha, M, F., Pratiwi Anggia,S., & dkk.(2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Tasikmalaya. Penerbit Edu Publisher.

Juawairia. Januari-Februari (2013) “Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia.” Volume IV. Nomor 1.85-Artikel Text-112-1-10-20200309.pdf.

Liminansih kintan, dkk.2023. Alat Peraga IPA Inovatif.Siletto Book. Yogjakarta.

Madyawati lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Penerbit Kencana

Rumiyati.( 2021). Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan dan Hasil Belajar. PT Nasya Expanding Management.

Sudjana, N. (2014). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Remaja rosdakarya.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sumiharsono Rudy & Hasanah Hasbiayatul. 2017. Media Pembelajaran. Penerbit CV Pustaka Abadi.

Suprijono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sisdiknas. UU no 20 tahun 2003. Tentang pengertian pendidikan.

Uki Nonci M, (2017) Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pembelajaran Biologi. 6(2), 6-8. https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/download/20690/pdf.

Wahyuningsi Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Penerbit CV Budi Utama.

V.Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press Wasty Soemanto. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Published

30-05-2024

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN Gunungtasik. (2024). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 29-35. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.426