Alat Peraga Edukatif Ular Tangga Fiqih (Ultafi) Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.107Keywords:
Alat Peraga, Ular Tangga, Pembelajaran FiqihAbstract
Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Fiqih disebut juga hukum dalam agama Islam. Dalam pembelajaran fiqih sendiri terdapat ruang lingkup yaitu fiqih ibadah dan fiqih muamalah. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan alat peraga edukatif Ular Tangga Fiqih (ULTAFI) sebagai media pembelajaran Agama Islam pada tingkatan Sekolah Dasar. Dalam media pembelajaran ULTAFI ini mengandung materi fiqih yaitu materi tentang sumber-sumber hukum islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui kepustakaan (library research). Metode kepustakaan (Library Research) adalah penelitian dengan cara peneliti mengumpulkan data-data dan informasi yang relevan dengan masalah dari sumber buku, artikel, jurnal, catatan, dan hasil-hasil penelitian sejenis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang ada di mata pelajaran fiqih Sekolah Dasar yaitu terbatasnya media pembelajaran. Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwasanya diperlukan inovasi media pembelajaran untuk mata pelajaran Fiqih kedepannya, salah satunya dengan alat peraga edukatif Ular Tangga Fiqih (ULTAFI).
Downloads
References
Alfiah, Fitriadi, & Suja'i. (2016). Studi Ilmu Hadis. Kreasi Edukasi Publishing and Consulting Company.
Anas, M. (2014). Alat Peraga dan Media Pembelajaran.
Andjani, T. R. (2016). Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 130.
Asrowi. (2018). Ijma dan Qiyas dalam Hukum Islam. Jurnal Aksioma Al-Musaqoh, 30-49.
Ayati, A. (2012). Pemanfaatan Alat Peraga Video Compact Disc (VCD) pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas I Materi Gerakan Sholat Fardlu di MI Tarbiyah Athfal Wedung Demak 2010/2011. Skripsi (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo), 1.
Ferryka, Putri Zudhah. 2017. Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika Di sekolah dasar. Jurnal Magistra Vol 29 No 100 Juni Halaman 58-64.
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Jaya, S. A. (2020). Al-Qur'an dan Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam. Jurnal Indo-Islamika, 15-16.
Karo, K., Rasyid, I., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Matematika.
Nasiruddin. (2005). Pendidikan Fiqih Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Islami, 38.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitin Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE : Jurnal Penetitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 45.
Sugiwati. (2013). Metode Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Kelompok A di TK Ria Baruk Utara VIII/35 Rungkut-Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zainuddin. (2013). Dipetik July 5, 2021, dari https://uin-malang.ac.id/r/131101/analisis-pengemangan-materi-pendidikan-agama-islam-pai.html
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rosyidatul Afifah, Heni Rahmawati, Risma Aulia Inayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.