Hubungan Kompetensi Guru dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas Tinggi di SD Negeri Mede
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.290Keywords:
Kompetensi Guru, Hasil Belajar Siswa, Kelas TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan sampel sebanyak 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri Mede pada mata pelajaran IPS. Nilai korelasi yang didapatkan sebesar = 0,793 tergolong kategori kuat positif. Bila dilihat dari kontribusi variabel X (kompetensi guru terhadap variabel Y (Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi) adalah sebesar 62 % sementara 38 % di pengaruhi oleh faktor lain/variabel lain. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang kuat positif dan signifikan. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang dijaukan menerima Ha, dan menolak H0. Saran dalam penelitian ini ialah perlunya ada peningkatan kompetensi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tinggi. Upaya tersebut dapat di tempuh lewat kegiatan-kegiatan pelatihan dan workshop atapun seminar. Selain itu juga perlu mengaktifkan dan memaksimalkan KKG.
Downloads
References
Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3), 269–282. https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169
Kristina Peronika Naibaho, P. J. S. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sdn060915 Jl. T.B Simatupangkecamatanmedan Sunggal Tahun Pembelajaran2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 316–335. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.788
Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425
Nuzulaeni, I., & Susanto, R. (2022). Dampak Kompetensi Pedagogik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 20–26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/42481%0Ahttps://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42481
Permatasari, S., choirin attalina, syailin nichla, & Aan, W. (2022). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 4 Kaliaman. Jurnal Teacher Education, 3(3), 200–212.
Sonia Widya Ulfa Sitompul, Liza Efriyanti, Riri Okra, W. A. (2022). Irje: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik Di Mtsn 2 Tapanuli Tengah. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 223(1), 223–227. https://irje.org/index.php/irje
Sukmanasa, E., Kurnia, D., Muhajang, T., Novita, L., Maulina, S., & Solving, P. (2023). PENGUATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR PADA PEMBUATAN BAHAN AJAR TEMA SEALU BERHEMAT ENERGI membelajarkan mengelola kelas dengan perancangan perangkat pembelajaran akan menjadi melaksanakan kunjungan ke lokasi tempat Julang Kecamatan Tanah Sareal Kota Bo. 6(1).
Sundari, E. S. T., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru Sekolah Dasar di SDN 134 Panorama. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 110–126. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/22911
Widiastuti, W. W. (2021). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 21–33. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.324
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196
Yulianto, A. T., Kuntari J, V. D., & Sarumpaet, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.56854/pak.v1i2.101
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Bandung,
Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.