Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva dalam Pembelajaran IPA: Studi Kualitatif di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.545Keywords:
Media Interaktif, Canva, Pendidikan IPA, Sekolah Dasar, Klasifikasi HewanAbstract
Perkembangan teknologi digital mendorong pendidik untuk menciptakan inovasi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran IPA di sekolah dasar Aulia Cendikia menggunakan Canva pada pelajaran mengelompokkan hewan berdasarkan makanan hewan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas V SD Aulia Cendikia Islam School Pekanbaru. Data yang diperoleh mencakup hasil tes dari penilaian pre dan post, observasi aktivitas di kelas, survei kepuasan, dan wawancara dengan guru kelas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa telah meningkat setelah pengajaran dengan Canva. Antusiasme siswa sangat tinggi, dan mereka berpartisipasi secara aktif dan memberikan respons positif terhadap media yang digunakan. Para guru juga menganggap media tersebut sebagai alat yang efektif dalam menjelaskan materi abstrak yang disajikan secara visual dan menyenangkan. Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa alat media meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran IPA di sekolah dasar dan sangat sesuai dengan lingkungan kelas abad ke-21.
Downloads
References
Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 41. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089
Helingo, S., Rahim, M., Husain, R. I., & ... (2023). Canva-Based Interactive Media to Increase Students’ Interest in Learning Class V State Primary School 19 Dulupi. Global Scientific …, 22(December), 73–87.
Hidayati, R., Thomas, V., Luciani, C., & Oscar, S. (2023). Utilization of the Canva Application for Elementary School Learning Media. Journal International Inspire Education Technology, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.55849/jiiet.v2i1.219
Indriani, C. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 330–339. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.505
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–113.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304
Pramono, H. D. (2018). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Game Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Mobile. Journal of Information and Technology, 6(1), 13.
Saputra, A. G., Rahmawati, T., Andrew, B., & Amri, Y. (2022). Using Canva Application for Elementary School Learning Media. Scientechno: Journal of Science and Technology, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.55849/scientechno.v1i1.4
Sholeh, I. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Animasi Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Sma Al Furqon Driyorejo. Jurnal IT-EDU, 06(02), 94–102.
Tsurayya, G., Haq, A., Sismulyasih Sb, N., & Purwati, P. D. (2024). Canva-based Smart Apps Creator Media to Enhance Comprehension Skills of Informational Text for Third-Grade Students. International Journal of Elementary Education, 8(2), 385–393.
Yusnaldi, E., Sihotang, A. S., Rizqi, I. H., & Anggraini, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 5(1), 80–89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahara Edlin Putri, Reni, Neni Hermita, Rifqa Gusmida Syahrun Barokah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.