Peningkatan Metode Drill dan Ebook Kalokasu Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas IV SDN Cengkalsewu Pati
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.512Keywords:
Ebook Kalokasu, Membaca Nyaring, Metode DrillAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring siswa kelas IV SDN 01 Cengkalsewu dengan rentang waktu penelitian 11-19 September 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil observasi pra siklus terhadap proses belajar siswa menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan kompetensi dasar membaca nyaring kurang berhasil pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu 68%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penerapan media ebook kalokasu berbasis kearifan lokal Desa Sukolilo dengan metode pembelajaran Drill terhadap keterampilan membaca nyaring siswa. pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil keterampilan membaca nyaring siklus I dari 70.31% ke siklus II meningkat menjadi 80%. Dari hasil tersebut dalat disumpulkan bahwa melalui metode pembelajaran drill berbantuan media ebook kalokasu siswa dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring.
Downloads
References
Ellis et al. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar.
Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Hunaepi et al. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Di Mts. Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1 Nomor 1, 2541-626.
Kironoratri. (2022). Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri .
Kironoratri. (2023). Pengembangan Media E-Story Book Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dongeng Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Kironoratri et al. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics. Unoiversitas Muria Kudus.
Kironoratri et al. (2023). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Modul Bahasa Indonesia:Sehatlah Ragaku Berbasis Kearifan Lokal Jepara. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08 Nomor 02, 2477-2143.
Kironoratri et al. (2023). Dampak Keluarga Broken HomeTerhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio.
Kironoratri et al. (2023). Pemanfaatan Media Magic Spin Board Melalui Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sdn Sendangagung. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8,1 2477-2143.
Kironoratri et al. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 4 Nomor 1 Hlm. 20-24.
Lindrawati. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill Siswa Kelas 1 SDN 04 Batiuah Baruah. Inovasi Pendidikan, 27-39.
Muhsyanur . (2019). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa.
Rahim, Farida. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Santoso et al. (2022). Keterampilan Proses Mahasiswa PGSD Dalam Pembelejaran Kooperatif Dengan Strategi Course Review Horay Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Seminar Nasional Dies Natalis UMK ke-42: Pendidikan Tinggi Berdaya Saing untuk Peningkatan Mutu.
Santoso et al. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SD KELAS V. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 3292-3302.
Santoso et al. (2023). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika The Influence Of Interest In Learning On The Learning Outcomes Of Grade Iv Students. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.
Santoso et al. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Creative problem solving. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2416-2425.
Santoso et al. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD Melalui Metode Jarimatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1101-1111.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.