Pelaksanaan P5 Bertema Kearifan Lokal di SD Naskat Yos Sudarso, Kepulauan Aru
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i3.703Keywords:
Pelaksanaan P5, Kearifan Lokal, Kepulauan AruAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan P5 SD Naskat Yos Sudarso 1 Dobo. Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya informasi kepada satuan pendidikan lainnya di Kabupaten Kepulauan Aru mengenai pelaksanaan P5 yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala satuan pendidikan, fasilitator fase A, dan fasilitator fase C. Pemilihan informan berdasarkan jabatan struktural sebagai kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, dan wakil bidang kesiswaan yang diyakini memahami pelaksanaan P5 lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan SD Naskat Yos Sudarso 1 Dobo melaksanakan P5 melalui prosedur bertahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan satuan pendidikan memilih koordinator dan fasilitator proyek, mengidentifikasi kesiapan sekolah, merancang dimensi yang ingin diasah dalam satu semester, merumuskan tema, dan menentukan alokasi waktu. Pada tahap pelaksanaan, satuan fasilitator membangun kesadaran peserta didik, mengeksplorasi permasalahan, menentukan peran setiap stakeholder, menyelesaikan proses pelaksanaan, dan menyusun pelaksanaan evaluasi. Tema yang diangkat SD Naskat Yos Sudarso 1 Dobo adalah kearifan lokal dengan topik pengolahan bahan mentah berupa ikan laut sumber daya alam terbesar di Kepulauan Aru menjadi makanan siap santap, lezat, dan lebih tahan lama seperti kecap, baso, dan nuget. Dapat disimpulkan bahwa SD Naskat Yos Sudarso 1 Dobo melaksanakan P5 melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai panduan yang dikeluarkan oleh BSKAP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Downloads
References
Ade Wahyuni, Z., Putri Utami, T., Indriyani, P., Nabela, U., & Eka Saputra, Y. (2025). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN 64/IV Kota Jambi sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(2), 188–200. doi: https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i2.38693 DOI: https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i2.38693
Amalia, T. D., & Indrakurniawan, M. (2024). Analisis Karakter Gotong Royong Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 248–258. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1843 DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i2.6048
Anisya Dwi Septiani, R., & Wardana, D. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. AGUSTUS (Vol. V). DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v5i2.1708
Asfiati, A., Muslim, M., & Ramadhan, S. (2025). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Lokal Bima pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 790–804. doi: https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1445 DOI: https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1445
Bona, S., Jewarut, S., Guru Sekolah Dasar, P., & Shanti Bhuana, I. (2025). PENGARUH PROGRAM P5 TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI ERA KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/27708/14323
Borolla, F.V., Victory, B., Latupeirissa, L., & Masi, T. PERAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KEPULAUAN TERHADAP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. (2025). PEDAGOGI : JURNAL PENELITIAN DAN PENDIDIKAN, 12(1), 1-10. https://pedagogi.uniku.ac.id/pub/article/view/1
Dasinta, M. I., Adu, T., Mbuik, H. B., & Naitili, C. A. (2025). Jurnal Dinamika Pendidikan Nusantara IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER BUDAYA LOKAL PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR KATOLIK SANTA CARMEN SALLES KOTA KUPANG (Vol. 6). Retrieved from https://ejurnals.com/ojs/index.php/jdpn
DeFretes, J. J., Haruna, H., & Hutubessy, B. G. (2024). BIOLOGI REPRODUKSI IKAN BALOBO (Hyporhamphus quoyi) HASIL TANGKAPAN JARING BALOBO DI PERAIRAN DESA APARA KABUPATEN KEPULAUAN ARU. Amanisal: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Perikanan Tangkap, 13(2), 40–51. doi: https://doi.org/10.30598/amanisal.v13i2.15052 DOI: https://doi.org/10.30598/amanisal.v13i2.15052
Dwi Saputri, A., & Shalma As’ari, Arum Fatayan. (2025). MENGINTEGRASIKAN NILAI BUDAYA LOKAL DAN GLOBAL DALAM PENDIDIKAN UNTUK MEMBANGUN KESADARAN GLOBAL: Integrasi Nilai Budaya Lokal dan Global. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 222 - 233. Retrieved from https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/6959
Faiz, Aulia R. (2024). Pembentukan Akhlak Mulia Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Lumbir Kabupaten Banyumas (Skripsi). Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. Purwokerto. DOI: https://doi.org/10.33752/mjsi.v1i02.6258
Fajaryna, G. E., Jamaludin, U., & Damanhuri. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Kemampuan Sikap Mandiri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1023–1033. doi: https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4305 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4305
Jannah, Firdatul. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Lambara Harapan Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar
Maretha, N. D., Laksana, R. B., & Noviati, N. (2024). Implementasi Pembelajaran P5 Tema Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 517–523. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i3.581 DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i3.581
Ningrum, S. D. K., & Putri, I. A. (2025). Revitalisasi Nilai Kearifan Lokal dalam Proyek P5 di SD/MI Kota Bengkulu: Tinjauan Literatur Berbasis Kurikulum Merdeka. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 5(3), 1188–1199. https://doi.org/10.52690/jitim.v5i3.1149 DOI: https://doi.org/10.52690/jitim.v5i3.1149
Nirmala Sari, A., Hermansyah, P., Nur Kamisya, A., Arofah, I., Saefullah, A., Ghina Nurfadhilah, R., & Eva Amprianingsih, Y. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Penerapan Suara Demokrasi di SMAN 5 Kota Serang. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 5(12), 156–162. doi: https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i12.1121
Novayani, I. (2025). Pemanfaatan Budaya Lokal dalam Pendidikan di Desa Sapit. Jurnal Manajemen Dan Budaya , 5(2), 96-101. https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.1130 DOI: https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.1130
Nurjatisari, T., Sukmayadi, Y., & Nugraheni, T. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kemasan Pertunjukan Seni pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4013–4024. doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4836 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4836
Rahmawati Kumala Dewi, Syailin Nichla Choirin Attalina, & Hamidaturrohmah. (2024). ANALISIS KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL KABUPATEN JEPARA DI SEKOLAH DASAR . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1769 - 1784. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2695
Ratna Nafita Sari, R., Hariyani, T., Arisanti, P., Kusumawati, Y., Prasetyo, E., Gatot Supriyadi, S., Yoeli, Astari I. 2021. MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA SEJAK USIA DINI DI PANTI ASUHAN AR-RISALAH HIDAYATULLAH: Jurnal Abdikmas Universitas Kahuripan Kediri, 2(1), 66-71. DOI: https://doi.org/10.51158/abdikmas.v2i1.644
Rizal, Y. K., & Nur, L. (2024). Implementasi Program P5 dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(2), 227–237. doi: https://doi.org/10.17509/jpp.v24i2.73375 DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v24i2.73375
Rusyda Hudiya, F., Wulandari, R., Lubis, H. S., Putri, A., & Wahyuni, S. (2023). Mengenalkan Jiwa Kewirausahaan Kepada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH) (Vol. 1). Retrieved from https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc
Sairo Awang, I., Seran, E. Y., Gandasari, A., Persada, S., & Sintang, K. (2025). OPTIMALISASI PROGRAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN BUDAYA LOKAL. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 08(02). DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.27901 DOI: https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.27901
Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611
Sholehah, N., Rindaningsih, I. 2024. PENERAPAN P5 MELALUI KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT ECOBRIK SEKOLAH DASAR: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (Pendas), 9(4), 233-246. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19557
Sovia Mbere, M., & Rahman, A. (2025). EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA SURIYAN KECAMATAN HARUAI KABUPATEN TABABLONG. JAPB, 8(2), 1634–1648. https://doi.org/10.35722/japb.v8i2.1363 DOI: https://doi.org/10.35722/japb.v8i2.1363
Siregar, Zulkarnain. (2025). Implementasi Kearifan Lokal dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 186 Pekanbaru (Skripsi). Sekolah Tinggi Agama Islam AL Kifayah Riau. Riau.
Siswirini. 2023. ASPEK AKHLAK KEPADA ALAM PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 20 SUNGAISELAN: Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 1-8.
Sucipto. 2025. Membangun Jiwa Kewirausahaan Siswa Sejak Dini: Pentingnya Pendiidkan Kewirausahaan dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Eknomi Jurkami, 10(1), DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v10i1.3690 DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v10i1.3690
Ubwarin, E., Gaspesz, N., Sisinaru, S. Y., Hukum, F., & Mipa, F. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Produksi Ikan Asin Balobo yang Higienis dan Berdaya Saing Community Empowerment through The Hygiene and Competitive Production of Balobo Salted Fish (Vol. 3). Retrieved from http://www.malukuprov.go.id/index.php/2016-10-06-01-23-21/2016-10-12-00-37-52
Waridah, W., Dari, I. W., & Albar, J. (2024). PELAKSANAAN P5 DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 314–323. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3035
Wulandari, D., Yunianti, V. D., & Wahyuningsih, Y. (2023). Analisis Ketertarikan Siswa Sekolah Dasar terhadap Kebudayaan Indonesia. Journal on Education, 5(2), 2376-2382. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.894 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933
Yudiati, R., Annisa, A., & Gusema Susilowati, A. (2024). PENTINGNYA MEMPERKENALKAN BUDAYA LOKAL SEJAK DINI DI ERA DIGITAL. Jurnal Pengabdian Kepada Masayaraka, 2(1), 23-27. DOI: https://doi.org/10.24929/rn.v2i1.3289 DOI: https://doi.org/10.24929/rn.v2i1.3289
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bintang Lony Vera Victory

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





