Culturally Responsive Teaching Kabar Ceria untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menafsirkan Diagram Gambar di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i3.549Keywords:
Culturally Responsive Teaching, Kartu Gambar, Hasil Belajar, Diagram GambarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menafsirkan informasi diagram gambar melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Kabar Ceria (Kartu Gambar Cermat dan Interaktif). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral C. Kemmis & Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil belajar pretest dan posttest setelah dianalisis oleh peneliti melalui uji normalitas gain menurut Meltzer pada siklus I menghasilkan kriteria “Rendah”, dan pada akhir siklus II menghasilkan kriteria “Tinggi”. Hasil belajar berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 46%; 77%; dan 92%. Pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya berupa permainan tradisional engklek dan mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata peserta didik berupa kartu gambar dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun pengetahuan secara optimal serta belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CRT Kabar Ceria dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menafsirkan informasi diagram gambar pada kelas II SD Negeri Dukuh 01 Kota Salatiga.
Downloads
References
Anggraeni, A., Dwi, A., Wardani, K., Nur, S., & Halim, H. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD Inpres Mariso 3 Kota Makassar. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(4), 566-575. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.983
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. (2013). Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU No. 20 Tahun 2003
Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). New York: Teachers College Press.
Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260
Howard, T. C. (2019). Why race and culture matter in schools: Closing the achievement gap in America’s classrooms. Teachers College Press
Irawan, A. (2018). Penggunaan ethnomatematika engklek dalam pembelajaran matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 46-51. https://doi.org/10.54314/jmn.v1i1.7
Khasanah, I. M. (2023). Effectiveness of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach To Increasing The Learning Outcomes of Class II Elementary School Students. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 7–14. https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.514
Lasminawati, E., Kusnita, Y. ., & Merta, I. W. . (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49
Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14
Meltzer David E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. Am. J. Phys. 70 (12): 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Sugiyanti, S. (2017). Learning mathematics with traditional game “jirak”: Impact on mathematics disposition and students’ achievement. Proceeding of International Conference on Mathematics: Education, Theory, and Application (ICMETA), 1(1), 134–140. https://jurnal.uns.ac.id/math/article/view/12040
Nurafriani, R. R., Sukmanasa, E., & Dhiani, A. N. (2024). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I Sdn Kedung Badak 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6160-6169. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14216
Nurhaswinda, N., Maulina, S. R. M., Azzahra, A., Jannah, F., Jannah, N., Fadila, N. A., Harza, Z. J., & Hariza Putra, N. (2025). Penyajian Data. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 3(1). https://doi.org/10.35870/ljit.v3i1.3709
Rahmalia, S. M., Safari, Y. (2024). Pentingnya Konsep Dasar Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9847–9855. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14671
Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Rohmah, N. Z., & Mashuri, M. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kecemasan Matematis pada Model Brain-Based Learning Berbantuan Smart Card. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika,4, 375-380. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Yulianti, Y., Ahmad, R. S., & Torro, S. (2024). Pengaruh Pretest Dan Posttest Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS Di UPT SMA Negeri 2 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 2(1), 236-245. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1211
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., & Zulkardi, Z. (2022). Studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 110-119. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Lusiana, Made Rai Suci Shanti, Deta Maria Sri Darta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





