Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Pop Up Berbasis QR Code Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.514Keywords:
Model Think Pair Share, Pemahaman Konsep, Media Pop Up Berbasis QR CodeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest serta mengukur peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas V dalam mata pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media pop up berbasis QR code. Model TPS merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa untuk berpikir sendiri (Think), berdiskusi berpasangan (Pair), dan berbagi pendapat (Share) guna menemukan konsep pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 17 siswa dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji t, dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain sebesar 57,63%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan antara hasil pretest dan posttest, menunjukkan bahwa penggunaan model TPS berbantuan media pop up berbasis QR code mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran TPS dengan dukungan media visual interaktif berbasis QR code efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep pada siswa sekolah dasar. Disarankan agar penelitian selanjutnya mengembangkan media pembelajaran sejenis untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Ardianti, S. D., Wanabualiandari, S., & Tanghal, A. B. (2023). Thematic Ethno-Edutainment Learning to Improve Student’s Concept Understanding in Science. Asian Journal of Applied Education (AJAE). https://doi.org/10.55927/ajae.v2i2.3740
Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). Respon Siswa Dan Guru Terhadap Modul Ethno-Edutainment Di Sekolah Islam Terpadu. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3693
Damayanti, A., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek pada Siswa Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4719
Fadhaliva, M., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Think Pair Share Dengan Media Karen (Kartu Perubahan Energi). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1332
Ismaya, E. A., & Romadlon, F. N. (2017). Strategi Membentuk Karakter Semangat Kebangsaan Anggota Ambalan Kyai Mojo Dan Nyi Ageng Serang. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 140–144. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1224
Ismaya, E. A., Setiawan, D., & Susanti, R. (2022). Persepsi Anak Usia 10 Tahun Terhadap Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Ikhlas dari Hati” di Desa Pulorejo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Jenahut, K. S., & Lake, A. C. O. R. (2023). Articulate Storyline-Based Learning Media Loaded with Local Wisdom Values in Historical Narrative Text Material for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 566-578.
Khoirul Chabiba, M. I., Ismaya, E. A., & Wiranti, D. A. (2022). Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7446
Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28-43.
Lova, S. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop Up Terintegrasi Qr Code Technology Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.33332
Nurwulan, D. A., Ardianti, S. D., & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantu Media Ethno-Puzzle terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. AS-SABIQUN. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.2941
Oktaviani, Y., Ismaya, E. A., & Widianto, E. (2020). The Implementation of Think Pair Share Assisted with Pop Up Media Increases Students’ Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27145
Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Maping Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4713
Ratna Ro’ifah, R. R., Ika Ari Pratiwi, I. A., & Erik Aditia Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kedungsari. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8125
Rohmah, S. A., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak. Jurnal Prakarsa Paedagogia. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.3718
Sari, I. N., Ardianti, S. D., & Khamdun, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PSA (Panggung Siklus Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.539
Siti Noor Arofah, Ahmad Rifqi, Arif Budi Prasetya, Putri Imatriyani Sholekhah, Fina Fakhriyah, & Erik Aditiya Ismaya. (2023). Systematic Literatur Review : Pengaruh Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran PPKn Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i2.2192
Widarini, N. K. L., Margunayasa, I. G., & Rati, N. W. (2022). Pop-Up Book Media Assisted By QR Code For Second-Grade Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.47223
Yumaroh, I., Aditia Ismaya, E., & Widianto, E. (2020). The Implementation of The Think Pair Share Models on My Hero Theme to Improve Student Learning Outcomes in IV Grade of Elementary School Assisted Puzzle Mozaic Media. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.