Penilaian Autentik Urgensi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Dani Dwi Nur Hidayat UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.206

Keywords:

Penilaian Autentik, Pendidikan, Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi semua pihak, lebih khusus bagi guru PAI tingakt SD tentang pemahaman terkait penilaian autentik pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan “library research” yang artinya tehnik pengumpulan data dengan melakukan research terhadap buku, literatur, jurnal, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan topik pembahasan. Penilaian autentik merupakan penilaian dengan cara mengumpulkan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembagan peserta didik yang meliputi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Gambaran perkembangan belajar peserta didik perlu diketahui oleh guru agar dapat memastikan bahwa peserta didik mengalami proses pembelajaran dengan baik dan benar. Hasil penelitian ini terdapat beberapa tehnik penilaian yang bisa digunakan oleh guru atau pendidik pada masing-masing aspek. Penilaian pada aspek pengetahuan digunakan guru untuk mengukur sejauhmana tingkat pemahaman siswa, dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian pada aspek sikap digunakan guru dalam menilai aktivitas dan respon siswa di dalam maupu di luar pembelajaran. Terakhir pada aspek keterampilan digunakan untuk mengukur seberapa baik siswa dapat menerapkan pengetahuan pada tugas-tugas tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Ghufran Hasyim. 2021. “Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan Terhadap Problematika Pendidikan Islam.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (6): 4329–39. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1319.

Andriyani, Santi, and Abdulloh Hamid. 2017. “Implementasi Strategi Pembelajaran Multiple Kasus Di Sd Semai Jepara.” Annual Conference of Muslim Scholars, no. 110: 824–34.

Astuti, Efi Tri. 2017. “Problematika Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Ploso I Pacitan.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam I (No.2, September): 18–41. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/17/14.

Dwi Maghfirah, Dinda, Sukarno, and Desy Eka Citra Dewi. 2022. “Problematika Implemetasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SD Negeri 01 Kepahiang.” GHAITSA: Islamic Education Journal, no. 3. https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/434%0Ahttps://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/download/434/329.

Habibi, Mukhlas, Fina Aulika Lestari, and Yusmicha Ulya Afif. 2021. “Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SDN 1 Bangunrejo Ponorogo.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13 (2): 833–52. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1114.

Hajaroh, Siti, and Raudiatul Adawiyah. 2018. “Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik.” Elmidad:Jurnal PGMI 10 (No. 2): 131–52.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik, Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Majid, Abdul. 2017. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marfuah, Anis, and Febriza Febriza. 2019. “Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi.” Fondatia 3 (2): 35–58. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301.

Nafiah, Siti, Duski Ibrahim, and Ahmad Zainuri. 2020. “Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sekolah Dasar.” Al Wijdan V (1): 1–17.

Nurhayati, Ela, and Tsabit Azinar Ahmad. 2018. “Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Semarang” 6 (1): 21–30.

Puspitasari, Widi, Hamengkubuwono, Mutia, and Idi Warsah. 2020. “Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 19 (1): 66–90. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i1.3338.

Sari, Rita Kumala. 2021. “Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia.” Jurnal Borneo Humaniora 4 (2): 62. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249.

Setiawan, Dika. 2017. “Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 1 (2): 34–46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.

Susanti, Riri. 2016. “Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4 (1): 55. https://doi.org/10.31958/jaf.v4i1.409.

Umami, Muzlikhatun. 2018. “Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6 (2): 222–32. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259.

Wildan. 2017. “Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah.” Jurnal Tatsqif 15 (2): 131–53. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3.

Published

30-11-2022

How to Cite

Penilaian Autentik Urgensi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Dasar. (2022). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 23-29. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.206

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.