Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19

  • Fatimatuz Zahroh IAIN Madura
Keywords: Whatsapp, Motivasi Belajar, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media sosial whatsApp terhadap motivasi belajar siswa SDN Pakong 1 Pamekasan di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI di SDN Pakong 1 tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil berjumlah 50 siswa dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment dan alpha cronbach’s. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung adalah 0,463, kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,297. Hal ini menunjukkan bahwa r_{hitung} > r_{tabel} yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial whatsapp terhadap motivasi belajar siswa SDN Pakong 1 Pamekasan di masa pandemi covid-19. Sementara itu, penggunaan media whatsapp berkontribusi sebesar 21% terhadap motivasi belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, H. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia.

Elianur, C. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai sarana diskusi antara pengawas dan guru pendidikan agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1–14.

Ikatan Alamuni Doktoral. (2009). Bunga Rampai Rekonstruksi Pembelajaran Di Era New Normal. CV Seribu Bintang.

K. McEwan, E. (2014). 10 Karakter Yang Harus Dimiliki Guru Yang Sangat Efektif. PT Indeks.

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Noorlaila Isti’adah, F. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Edu Publisher.

Pangestika, N. L. (2018). Pengaruh pemanfaatan media sosial whatsapp terhadap penyebaran informasi pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sudarsana, K. dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan sosial media whatsapp pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1–22.

Wiwoho Mudjanarko, S. (2020). Pendemik Covid-19 Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Published
2021-05-20
How to Cite
Zahroh, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 12-21. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/92
Abstract viewed = 269 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 680 times