Peran Orang Tua Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SDN 01 Jelambar Baru
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.439Keywords:
Pandemi Covid-19, Peran Orang Tua, Kesulitan Orang Tua, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran orang tua serta kesulitan yang dihadapi orang tua dalam proses pembelajaran daring di SDN 01 Jelambar Baru. Di masa pandemi covid-19 ini membuat semua kegiatan diharuskan untuk dilakukan dirumah salah satunya termasuk pada dunia pendidikan. Seluruh siswa diharuskan untuk belajar dari rumah atau disebut dengan pembelajaran daring yang dilakukan secara jarak jauh antara guru dan siswa tidak tatap muka. Sehingga hal ini membutuhkan peran orng tua untuk mendampingi anak-anaknya dalam proses pembelajaran daring. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring ini orang tua memiliki peranan yang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan terlaksananya pembelajaran daring pada anak. Dimana dengan hal ini orang tua berperan untuk mendampingi, membimbing, mengarahkan, memberikan motivasi pada anak dalam belajar, serta orang tua memiliki peran sebagai fasilitator yang halnya orang tua harus memfasilitasi anak untuk proses pembelajaran daring. Dengan hasil penelitian ini juga terdapat kesulitan yang dihadapi setiap orang tua saat adanya proses pembelajaran daring yaitu orang tua terkendala dari segi latar belakang pendidikan, dari segi faktor ekonomi, dari segi faktor pekerjaan dan pembagian waktu.
Downloads
References
Adevita, M., & Widodo. (2021). Peran Orang Tua Pada Motivasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 64–77.
Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al_Athfal, 3(1), 37–46.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Hambatan Dan Kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pasca Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 343–357. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1356
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’izhoh, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.31949/am.v2i2.2294
Gustia, D., & Rosyid, A. (2021). Pengaruh Penerapan Belajar Dari Rumah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Serdang Wetan. Didaktika, 1(3), 427–439.
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (FULL ONLINE) DIMASA PANDEMI COVID- 19 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUBANG, VI, 1–9.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Indriyani, F., & Yusnani. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah, 3.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Mentari, I., & Rosyid, A. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Online Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IVB Di SDN Cengkareng Timur 05 Pagi. Jurnal Persada, III(3), 176–181.
Purnamasari, I., Widayatsih, T., & Fitriani, Y. (2022). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Masa, 6(2019), 12902–12914.
Rivaldi, A., & Rosyid, A. (2022). Strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan dalam masa pandemi covid 19 pada siswa kelas di sekolah dasar, 7(3), 617–624.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring, 3(1), 8–19.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suhendro, E. (2022). Strategi Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 13(1), 13. https://doi.org/10.31942/mgs.v13i1.6027
Suhery, S., Putra, T., & Jasmalinda, J. (2020). SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM PADA GURU DI SDN 17 MATA AIR PADANG SELATAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129-132. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90
Suprapmanto, J. (2021). Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid 19 dan Solusinya, 3(2), 15–19.
Susanto, R. (2017). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak ( Brain Gym ). Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdimas), 3(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/abd.v3i2.1740
Susanto, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Manajemen Proses Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Di Smp St. Andreas, Jakarta. Jakarta Jurnal Abdimas, 4, 254.
Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., … Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657
Susanto, R., & Sofyani, N. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional ( Emotional Quotient ) Dan Ketahanmalangan ( Adversity Quotient ) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA Di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. Retrieved from https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/dinamika/article/view/96
Syofyan. Harlinda; Ratnawati.Susanto; Ritta.Setiyati; Vebryanti. (2020). PKM Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa. Ikraaith-Abdimas, 3(3), 26–33.
Syofyan, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02. Jurnal Pendidikan Dasar, (X), 1–11.
Syofyan, H., & Halim, A. (2016). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas V di SDN 3 Kreo Tangerang ) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016, 966–976.
Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran Ipa. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189
Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2021). INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 273–281.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Zalewska, E., & Trzcińska, K. (2022). Effectiveness of distance learning during the COVID-19 pandemic. Wiadomości Statystyczne. The Polish Statistician, 67(10), 48–61. https://doi.org/10.5604/01.3001.0016.0659
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riska Handini, Harlinda Syofyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.