Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.86Keywords:
pola asuh orang tua, disiplin belajar, pembelajaran daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang tepat untuk membentuk disiplin belajar anak selama pembelajaran daring di Desa Trangkil RW 02. Penelitian ini dilakukan di Desa Trangkil RW 02 pada bulan Februari 2021. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian anak kelas 4 dan kelas 5 Sekolah Dasar bersama orang tua anak yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data (pengumpulan data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yaitu tiga orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dan satu orang tua yang menerapkan pola asuh permisif. Melalui pola asuh demokratis orang tua menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang sudah diterapkan kepada anak sejak kecil. Maka dari itu, anak akan terbiasa dengan penerapan yang dilakukan oleh orang tua yaitu disiplin. Pola asuh demokratis sangat cocok untuk diterapkan oleh orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak.
Downloads
References
Adawiah, R. 2017. Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.
Amalia, A., & Fatonah, S. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148–164.
Anisah, A. S. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.
Ardianti, S,. D., Wanabuliandri, S.,& Raharjo, S. 2017. Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tnggung Jawab Siswa melalu Model EJAS Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1),1-7.
Asrah, B., Novita, R., & Fitriati. 2016. Korelasi Kedisiplinan Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri 19 Banda Aceh. Numeracy Journal, 3(2), 44–51.
Aulina, C. N. 2013. Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.
Ayun, Q. 2017. Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Hartinah, Siti. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.
Jannah, Husnatul. 2012. Bentuk Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Moral pada Anak Usia di Kecamatan Ampek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).
Prabasari, B., & Subowo. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549-558.
Rahayu, S., & Dini, J. U. 2015. Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di Lingkungan Pasar Baru Kelurahan Padang Masiang, Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Usia Dini, Des.2015, Vol.1, No.2. 1(1), 58–70.
Ramadona, M., Anjani, A. R., & Putriani, R. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Teknindo Jaya Depok.Research and Development Journal of Education, 6(2), 13.
Ramanta, D., & Dwi Widayanti, F. 2020. Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67.
Samsunuwiyati. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, N. P. 2018. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Iii Sd. Joyful Learning Journal, 7(4), 57-65.
Setiawati, E. 2015. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Elementary Education, 4(1), 61-67.
Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukiyani. 2015. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015. Proceeding Seminr Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 1–11, 412–418.
Sunarto, dkk. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanti, S. 2017. Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di Lingkungan Pasar Baru Kelurahan Padang Masiang Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Psikologi Konseling, 11(2), 1-13.
Yuliastuti, M. E., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIdi SMP Kristen 2 Salatiga. Psikologi Konseling, 15(2), 518–530.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.