Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02

Authors

  • Lenisa Wahyu Rositania Lenisa Wahyu Rositania Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.86

Keywords:

pola asuh orang tua, disiplin belajar, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang tepat untuk membentuk disiplin belajar anak selama pembelajaran daring di Desa Trangkil RW 02. Penelitian ini dilakukan di Desa Trangkil RW 02 pada bulan Februari 2021. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian anak kelas 4 dan kelas 5 Sekolah Dasar bersama orang tua anak yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data (pengumpulan data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yaitu tiga orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dan satu orang tua yang menerapkan pola asuh permisif. Melalui pola asuh demokratis orang tua menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang sudah diterapkan kepada anak sejak kecil. Maka dari itu, anak akan terbiasa dengan penerapan yang dilakukan oleh orang tua yaitu disiplin. Pola asuh demokratis sangat cocok untuk diterapkan oleh orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, R. 2017. Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Amalia, A., & Fatonah, S. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148–164.

Anisah, A. S. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Ardianti, S,. D., Wanabuliandri, S.,& Raharjo, S. 2017. Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tnggung Jawab Siswa melalu Model EJAS Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1),1-7.

Asrah, B., Novita, R., & Fitriati. 2016. Korelasi Kedisiplinan Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri 19 Banda Aceh. Numeracy Journal, 3(2), 44–51.

Aulina, C. N. 2013. Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.

Ayun, Q. 2017. Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Hartinah, Siti. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.

Jannah, Husnatul. 2012. Bentuk Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Moral pada Anak Usia di Kecamatan Ampek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Prabasari, B., & Subowo. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549-558.

Rahayu, S., & Dini, J. U. 2015. Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di Lingkungan Pasar Baru Kelurahan Padang Masiang, Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Usia Dini, Des.2015, Vol.1, No.2. 1(1), 58–70.

Ramadona, M., Anjani, A. R., & Putriani, R. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Teknindo Jaya Depok.Research and Development Journal of Education, 6(2), 13.

Ramanta, D., & Dwi Widayanti, F. 2020. Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67.

Samsunuwiyati. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, N. P. 2018. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Iii Sd. Joyful Learning Journal, 7(4), 57-65.

Setiawati, E. 2015. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Elementary Education, 4(1), 61-67.

Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiyani. 2015. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015. Proceeding Seminr Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 1–11, 412–418.

Sunarto, dkk. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, S. 2017. Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di Lingkungan Pasar Baru Kelurahan Padang Masiang Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Psikologi Konseling, 11(2), 1-13.

Yuliastuti, M. E., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIdi SMP Kristen 2 Salatiga. Psikologi Konseling, 15(2), 518–530.

Published

20-05-2021

How to Cite

Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 30-42. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.86