Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.92Keywords:
Whatsapp, Motivasi Belajar, Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media sosial whatsApp terhadap motivasi belajar siswa SDN Pakong 1 Pamekasan di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI di SDN Pakong 1 tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil berjumlah 50 siswa dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment dan alpha cronbach’s. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung adalah 0,463, kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,297. Hal ini menunjukkan bahwa r_{hitung} > r_{tabel} yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial whatsapp terhadap motivasi belajar siswa SDN Pakong 1 Pamekasan di masa pandemi covid-19. Sementara itu, penggunaan media whatsapp berkontribusi sebesar 21% terhadap motivasi belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain
Downloads
References
Basri, H. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia.
Elianur, C. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai sarana diskusi antara pengawas dan guru pendidikan agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1–14.
Ikatan Alamuni Doktoral. (2009). Bunga Rampai Rekonstruksi Pembelajaran Di Era New Normal. CV Seribu Bintang.
K. McEwan, E. (2014). 10 Karakter Yang Harus Dimiliki Guru Yang Sangat Efektif. PT Indeks.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Noorlaila Isti’adah, F. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Pangestika, N. L. (2018). Pengaruh pemanfaatan media sosial whatsapp terhadap penyebaran informasi pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sudarsana, K. dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan sosial media whatsapp pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1–22.
Wiwoho Mudjanarko, S. (2020). Pendemik Covid-19 Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.