Virtual Learning sebagai Praktik Pembelajaran di Era Digital pada Sekolah Dasar HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.89Keywords:
Virtual Learning, Praktik Pembelajaran, Era DigitalAbstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana praktik virtual learning di Kelas 1A SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini dilakukan di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang, bulan Februari-April 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IA yang berjumlah 30 peserta. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Platform yang digunakan dalam virtual learning adalah whatsapp (group dan video call), zoom cloud meeting, google slide, dan google form, sehingga jenis komunikasinya meliputi dua model sekaligus (sinkronus dan asinkronus). 2) Dari 30 peserta didik, 20-25 diantara mereka selalu aktif mengikuti pertemuan tatap muka virtual melalui zoom meeting. 3) Meski pembelajaran dilakukan secara virtual, guru tetap melakukan tiga jenis penilaian, yaitu penilaian kognitif melalui google form, penilaian sikap yang dilihat dari kedisiplinan peserta didik mengikuti zoom meeting, dan penilaian keterampilan melalui penugasan-penugasan yang dikemas menjadi foto maupun video (Hal ini tentu saja sesuai dengan penilaian dalam standar K-13). 4) Adapun kelebihan dilaksanakannya virtual learning di kelas I diantaranya adalah menekan persebaran virus covid-19 dimana saat ini Indonesia masih berada dalam situasi pandemi. Virtual learning ini juga menuntut guru untuk terus mengasah kemampuannya dalam bidang IT, sehingga peserta didik dapat terlayani dengan baik. Selain itu, virtual learning merupakan salah satu jawaban dari tantangan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dan abad 21
Downloads
References
Anderson, Garry, dan Nancy Arsenault. Fundamentals of Educational Research. USA: Routledge Falmer, 2002.
Ilyas Ismail, Muhammad. Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, Dan Prosedur. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2020.
Irawan, Edi, Syaiful Arif, Fatmahanik Ulum, and Wirawan Fadly. Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi Transformasi, Adaptasi, Dan Matamorfosis Menyongsong New Normal. Sleman: Zahir Publishing, 2020.
Saeeful Rahmat, Pupu. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2019.
Syuhada Subir, Muhammad. “Fungsi Virtual Learning Dalam Sistem Pembelajaran.” Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol 13, no. No 1 (2020). http://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/download/82/pdf.
Tanduklangi, Amri, and Carlina Amri. Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer (Computer Assister Language Learning). Sleman: Deepublish, 2019.
Widi Asmoro, Siwi. Simulasi Dan Komunikasi Digital SMK/MAK Kelas X. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Penerbit IKAPI), 2019.
Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2016. “Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh Dan E-Learning Di Indonesia,”
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.