Culturally Responsive Teaching Kabar Ceria untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menafsirkan Diagram Gambar di Sekolah Dasar

Authors

  • Anisa Lusiana Universitas Kristen Satya Wacana
  • Made Rai Suci Shanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Deta Maria Sri Darta Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i3.549

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Kartu Gambar, Hasil Belajar, Diagram Gambar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menafsirkan informasi diagram gambar melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Kabar Ceria (Kartu Gambar Cermat dan Interaktif). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral C. Kemmis & Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil belajar pretest dan posttest setelah dianalisis oleh peneliti melalui uji normalitas gain menurut Meltzer pada siklus I menghasilkan kriteria “Rendah”, dan pada akhir siklus II menghasilkan kriteria “Tinggi”. Hasil belajar berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 46%; 77%; dan 92%. Pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya berupa permainan tradisional engklek dan mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata peserta didik berupa kartu gambar dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun pengetahuan secara optimal serta belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CRT Kabar Ceria dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menafsirkan informasi diagram gambar pada kelas II SD Negeri Dukuh 01 Kota Salatiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A., Dwi, A., Wardani, K., Nur, S., & Halim, H. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD Inpres Mariso 3 Kota Makassar. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(4), 566-575. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.983

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. (2013). Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU No. 20 Tahun 2003

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). New York: Teachers College Press.

Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260

Howard, T. C. (2019). Why race and culture matter in schools: Closing the achievement gap in America’s classrooms. Teachers College Press

Irawan, A. (2018). Penggunaan ethnomatematika engklek dalam pembelajaran matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 46-51. https://doi.org/10.54314/jmn.v1i1.7

Khasanah, I. M. (2023). Effectiveness of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach To Increasing The Learning Outcomes of Class II Elementary School Students. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 7–14. https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.514

Lasminawati, E., Kusnita, Y. ., & Merta, I. W. . (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49

Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14

Meltzer David E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. Am. J. Phys. 70 (12): 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Sugiyanti, S. (2017). Learning mathematics with traditional game “jirak”: Impact on mathematics disposition and students’ achievement. Proceeding of International Conference on Mathematics: Education, Theory, and Application (ICMETA), 1(1), 134–140. https://jurnal.uns.ac.id/math/article/view/12040

Nurafriani, R. R., Sukmanasa, E., & Dhiani, A. N. (2024). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I Sdn Kedung Badak 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6160-6169. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14216

Nurhaswinda, N., Maulina, S. R. M., Azzahra, A., Jannah, F., Jannah, N., Fadila, N. A., Harza, Z. J., & Hariza Putra, N. (2025). Penyajian Data. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 3(1). https://doi.org/10.35870/ljit.v3i1.3709

Rahmalia, S. M., Safari, Y. (2024). Pentingnya Konsep Dasar Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9847–9855. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14671

Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Rohmah, N. Z., & Mashuri, M. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kecemasan Matematis pada Model Brain-Based Learning Berbantuan Smart Card. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika,4, 375-380. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Yulianti, Y., Ahmad, R. S., & Torro, S. (2024). Pengaruh Pretest Dan Posttest Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS Di UPT SMA Negeri 2 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 2(1), 236-245. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1211

Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., & Zulkardi, Z. (2022). Studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 110-119. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP

Published

30-11-2025

How to Cite

Lusiana, A., NA, M. R. S. S. ., & Darta, D. M. S. . (2025). Culturally Responsive Teaching Kabar Ceria untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menafsirkan Diagram Gambar di Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(3), 152-162. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i3.549

Similar Articles

21-30 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.