Keefektifan Model Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.529Keywords:
Matematika, Model Pembelajaran, Inquiry Learning, Berpikir KritisAbstract
Penelitian eksperimen ini dimaksudkan mengetahui perbedaan kemampuan siswa berpikir kritis antara Inquiry Learning dan Langsung (Direct Instruction) sebagai model pembelajaran, serta mengetahui efektivitas model Inquiry Learning pada proses pembelajaran Matematika materi Data. Jenis penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan desain Non-Equivalen Control Group. 41 siswa sebagai populasi, dengan sampel 21 siswa V-A dan 20 siswa V-B di SD Negeri Bibis. Metode pengumpulan data adalah tes. Hasil yang diperoleh memberi kesimpulan Inquiry Learning efektif untuk peningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis Matematika kelas V, khususnya pada materi Data. Hal tersebut terlihat dari adanya perbedaan kedua kelompok (eksperimen dan kontrol). Dibuktikan rata-rata hasil kemampuan siswa berpikir kritis eksperimen adalah pretest 56,19 dan posttest 85,66. Adapun hasil kemampuan siswa dalam berpikir kritis untuk kelas kontrol pretest 49 dan posttest 70,85. Teknik analisis data melalui Independen Sample T-Test. Dengan model pembelajaran Inquiry Learning lebih efektif nilai Sig. 0,000 < (0,05).
Downloads
References
Inggriyani Feby, & Anisa Pebrianti Nur. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar.
Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., Billah, S., Guru, P., Dasar, S., & Keguruan, F. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Sudimara 5 Ciledug. Desember, 3(2), 50–59.
Muna, I., & Fathurrahman, Moh. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Fahrudin, Ansari, & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Putri Salsabilah, A., Diwimuri, A., Utufina Widuri, S., Faradillah, A., Hadi, W., & Muhammadiyah HAMKA, U. D. (2021). Proses Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Keaktifan Belajar (Vol. 2).
Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah Penentu Daya Saing Bangsa.
Ultra Gusteti, M. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. 3(3). https://doi.org/10.46306/lb.v3i3
Widya Prastiwi, M., Dewi Septiyaningtiyas, H., Dwi Rahayu April, N., Candra At-Toriq, F., Kurniawati, W., Guru Sekolah Dasar, P., & PGRI Yogyakarta, U. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gerak Benda di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(1), 258–269. https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i1.2408
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Vira Afara Dewi, Budiharti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





