Keefektifan Model Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Anisa Vira Afara Dewi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Budiharti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.529

Keywords:

Matematika, Model Pembelajaran, Inquiry Learning, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian eksperimen ini dimaksudkan mengetahui perbedaan kemampuan siswa berpikir kritis antara Inquiry Learning dan Langsung (Direct Instruction) sebagai model pembelajaran, serta mengetahui efektivitas model Inquiry Learning pada proses pembelajaran Matematika materi Data. Jenis penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan desain Non-Equivalen Control Group. 41 siswa sebagai populasi, dengan sampel 21 siswa V-A dan 20 siswa V-B di SD Negeri Bibis. Metode pengumpulan data adalah tes. Hasil yang diperoleh memberi kesimpulan Inquiry Learning efektif untuk peningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis Matematika kelas V, khususnya pada materi Data. Hal tersebut terlihat dari adanya perbedaan kedua kelompok (eksperimen dan kontrol). Dibuktikan rata-rata hasil kemampuan siswa berpikir kritis eksperimen adalah pretest 56,19 dan posttest 85,66. Adapun hasil kemampuan siswa dalam berpikir kritis untuk kelas kontrol pretest 49 dan posttest 70,85. Teknik analisis data melalui Independen Sample T-Test. Dengan model pembelajaran Inquiry Learning lebih efektif nilai Sig. 0,000 < (0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Inggriyani Feby, & Anisa Pebrianti Nur. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar.

Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., Billah, S., Guru, P., Dasar, S., & Keguruan, F. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Sudimara 5 Ciledug. Desember, 3(2), 50–59.

Muna, I., & Fathurrahman, Moh. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Fahrudin, Ansari, & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Putri Salsabilah, A., Diwimuri, A., Utufina Widuri, S., Faradillah, A., Hadi, W., & Muhammadiyah HAMKA, U. D. (2021). Proses Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Keaktifan Belajar (Vol. 2).

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah Penentu Daya Saing Bangsa.

Ultra Gusteti, M. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. 3(3). https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Widya Prastiwi, M., Dewi Septiyaningtiyas, H., Dwi Rahayu April, N., Candra At-Toriq, F., Kurniawati, W., Guru Sekolah Dasar, P., & PGRI Yogyakarta, U. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gerak Benda di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(1), 258–269. https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i1.2408

Published

31-07-2025

How to Cite

Dewi, A. V. A., & Budiharti, B. (2025). Keefektifan Model Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 146-151. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.529

Similar Articles

21-30 of 61

You may also start an advanced similarity search for this article.