Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian Bilangan 2 Angka Melalui Metode Bermain Sambil Belajar dengan Media Ular Tangga di SD I Fatukoat Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v1i1.25Keywords:
Hasil Belajar, Metode Bermain Sambil Belajar, Ular TanggaAbstract
Abstrak: Rumusan masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkalian Bilangan 2 Angka Melalui Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Media Ular Tangga Pada Siswa Kelas III SD Inpres Fatukoat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Permainan Ular Tangga Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tentang Perkalian Bilangan 2 Angka Pada Siswa Kelas III SD I Fatukoat.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif Kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode dalam Pengumpulan Data Melalui Obserfasi, Wawancara, Tes, Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Inpres Fatukoat yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Media Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Fatukoat, Terlihat dari nilai rata-rata hasil pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, serta aktifitas peserta didik dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I sebanyak 10 orang dengan nila rata-rata 61,87% serta persentase ketuntasan 62,5%. Dan jumlah peserta didik yang tuntas pada sikus II sebanyak 16 orang , dengan nilai rata-rata 90,62% serta persentase ketuntasan mencapai 100%. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan proses belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi Perkalian Bilangan 2 Angka yang di laksakan oleh Guru menggunakan Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Media Ular Tangga.
Downloads
References
Anurrahman, (2014) belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Djamarah dan Zain (2006) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Diana Muttia (2010) Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Dwitagama.D & Kusuma.W, (2010). Mengenal Penelitian TindakaKelas. Jakarta: PT Indeks.
Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Latif, Mukhtar. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Moeslichatoen. (2013). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mudjito. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Raka Joni T (1993) Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif : Acuan Konseptual Peningkatan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.
Rusyan Tabrani (1993) Strategi Belajar Mengajar Yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasa., Bandung : Bina Budhaya.
Slameto (2003) Belajar Dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata Soemadi (1981) Psikologi Pendidikan. Bandung : Angkasa.
Sudjana Nana (1989) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengaja . Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sujiono, Y.N, (2007). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negri Jakarta.
Sujiono, Y.N, (2013). pengantar evaluasi pendidikanJakarta: Universitas Negri Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





