Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Yulianti Waman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.83

Keywords:

Toleransi, Keberagaman, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang berdasarkan para ahli atau penelitian terdahulu serta mengumpulkan data dari beberapa jurnal ilmiah dan buku. Pendidikan Kewarganegaraan menjadi salah satu aspek penting dalam penanaman nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar karena dapat membentuk siswa menjadi warga negara yang baik dan menjamin persatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa dibina dan tanamkan mulai dari tingkat sekolah dasar karena dengan begitu siswa sejak dini dapat hidup berdampingan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sikap toleransi dan keberagaman suku bangsa yang ada pada siswa sekolah dasar dapat mencerminkan jati diri dan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Muliaty, dkk. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Bertoleransi Antaraumat Beragama Melalui Kegiatan Sekolah di SDN INPRES 6.88 PERUMNAS 2 Kota Jayapura. Jurnal Inspiratif Pendidikan Vol III No.2

Atmaja, I. 2020. Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Vol.8 No.1

Hemafitria. 2017. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol.1 No.1

Nurmala, Firly. dkk. 2020. Peningkatan Pemahaman Materi keberagaman Suku Bangsa, Sosial, dan Budaya di Indonesia Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Audio-Visual. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nuswantari, Nusi. 2018. Model Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 8 (1) 41-53

Purnamasari. Jurnal Harmony. Keragaman di Ruang Kelas: Telaah Kritis Wujud dan Tantangan Pendidikan Multikultural. Vol.2 No.2

Purwaningsih, Endang. Mengembangkan sikap toleransi dan kebersamaan di kalangan siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Risdianti, M. dkk. 2020. Penanaman Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.7 No.1 hal 54-64

Saputra, Edi. Artikel. Eksistensi PKn sebagai pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Bangsa.

Soryani, Sri. 2015. Skripsi. Penanaman Sikap Toleransi di Kelas V SD Negeri Siyono III Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Sosial Politik. Vol.2 No.1 (Hlm. 192-203).

Thaufan, Sapriya. 2018. Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program Pendidikan Berkarakter Purwakarta. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.6 No.1 hal 17-29.

Totok Tolak. Artikel. Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Peneguhan Masyarakat Multikultural Indonesia: Prospek di Tengah Desakan Budaya Global.

Wahyuni, Imelda. Pendidikan Multikulturalisme: Upaya Memaknai Keragaman Bahasa di Indonesia. Jurnal Pemikiran Islam. 2015. Vol.1 No.1

Widiyanto, D. (2017). Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.

Wihardit, kuswaya. 2010 Artikel. Pendidikan Multikultural. Suatu konsep, pendekatan dan solusi. Jurnal Pendidikan

Yanty, V. dkk. (2019). Keberagaman dan Toleransi Sosial Siswa SMP di Jakarta. Jurnal ilmu Pengetahuan Sosial. Vol.6 No.2 (Hlm. 145-163)

Zulkifli, dkk. 2020. Pendidikan Multikultural sebagai resolusi konflik: perspektif pendidikan kewarganegaraan. JPPKH (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan.

Published

20-05-2021

Scite_ Smart Citation

How to Cite

Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 60-71. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.83

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.