Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.83Keywords:
Toleransi, Keberagaman, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang berdasarkan para ahli atau penelitian terdahulu serta mengumpulkan data dari beberapa jurnal ilmiah dan buku. Pendidikan Kewarganegaraan menjadi salah satu aspek penting dalam penanaman nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar karena dapat membentuk siswa menjadi warga negara yang baik dan menjamin persatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa dibina dan tanamkan mulai dari tingkat sekolah dasar karena dengan begitu siswa sejak dini dapat hidup berdampingan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sikap toleransi dan keberagaman suku bangsa yang ada pada siswa sekolah dasar dapat mencerminkan jati diri dan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
Downloads
References
Amin, Muliaty, dkk. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Bertoleransi Antaraumat Beragama Melalui Kegiatan Sekolah di SDN INPRES 6.88 PERUMNAS 2 Kota Jayapura. Jurnal Inspiratif Pendidikan Vol III No.2
Atmaja, I. 2020. Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Vol.8 No.1
Hemafitria. 2017. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol.1 No.1
Nurmala, Firly. dkk. 2020. Peningkatan Pemahaman Materi keberagaman Suku Bangsa, Sosial, dan Budaya di Indonesia Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Audio-Visual. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Nuswantari, Nusi. 2018. Model Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 8 (1) 41-53
Purnamasari. Jurnal Harmony. Keragaman di Ruang Kelas: Telaah Kritis Wujud dan Tantangan Pendidikan Multikultural. Vol.2 No.2
Purwaningsih, Endang. Mengembangkan sikap toleransi dan kebersamaan di kalangan siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.
Risdianti, M. dkk. 2020. Penanaman Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.7 No.1 hal 54-64
Saputra, Edi. Artikel. Eksistensi PKn sebagai pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Bangsa.
Soryani, Sri. 2015. Skripsi. Penanaman Sikap Toleransi di Kelas V SD Negeri Siyono III Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Sosial Politik. Vol.2 No.1 (Hlm. 192-203).
Thaufan, Sapriya. 2018. Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program Pendidikan Berkarakter Purwakarta. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.6 No.1 hal 17-29.
Totok Tolak. Artikel. Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Peneguhan Masyarakat Multikultural Indonesia: Prospek di Tengah Desakan Budaya Global.
Wahyuni, Imelda. Pendidikan Multikulturalisme: Upaya Memaknai Keragaman Bahasa di Indonesia. Jurnal Pemikiran Islam. 2015. Vol.1 No.1
Widiyanto, D. (2017). Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.
Wihardit, kuswaya. 2010 Artikel. Pendidikan Multikultural. Suatu konsep, pendekatan dan solusi. Jurnal Pendidikan
Yanty, V. dkk. (2019). Keberagaman dan Toleransi Sosial Siswa SMP di Jakarta. Jurnal ilmu Pengetahuan Sosial. Vol.6 No.2 (Hlm. 145-163)
Zulkifli, dkk. 2020. Pendidikan Multikultural sebagai resolusi konflik: perspektif pendidikan kewarganegaraan. JPPKH (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.