Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.90Keywords:
PKN, pendidikan karakter, siswa SDAbstract
Penelitian bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pentingnya penerapan karakter pada siswa Sekolah Dasar setelah diberikan mata pelajaran PKN yang di dalamnya memuat pendidikan karakter dan upaya apa yang dapat dilakukan guru supaya nilai karakter dapat diimplementasikan siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi literatur. Penelitian ini mengumpulkan data dari beberapa jurnal untuk melihat seberapa besar pengaruh pendidikan karakter pada perkembangan karakter siswa. Penelitian ini lebih berfokus pada jenjang siswa sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar sudah dapat membangun karakter yang telah dijarkan guru namun guru masih terkendala dengan kurangnya strategi dan metode untuk mengajarkannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Guru masih terkendala dengan strategi untuk mengajarkan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKN, (2) Implemetasi pendidikan karakter sudah cukup diterapkan baik oleh siswa, (3) Guru dapat merancang pembelajaran dengan menyusun RPP yang disesuaikan lingkungan kelas dan memuat pendidikan karakter, (4) Guru dan sekolah melakukan kegiatan pembiasan yang dapat membangun karakter anak. Dengan memasukkan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKN ini akan membentuk moralitas pada siswa dan menjadikan warga negara sesuai yang diharapkan negara.
Downloads
References
Anderson, I., & Sari, R. (2016).Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 251274.
Buchory, M. S., & Swadayani, T. B. (2014). Implementasi program pendidikan karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).
Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi dan implementasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.
Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).
Hanurawan, F. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Karakter di SD Taman Harapan Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(1), 070-078.
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1),37-45.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Riadin, A., & Permadi, A. S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 18-28.
Saputra, E. (2012). Eksistensi PKn sebagai pendidikan nilai dalam membangun karakter bangsa. Tingkap, 8(2), 145 158.
Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61-72.
Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Journal of Etika Demokrasi), 4 (1).
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter ? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.