Penerapan Budaya Positif dalam Mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV di SD Negeri Jurug Bantul
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.240Keywords:
Budaya Positif, Profil Pelajar Pancasila, KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan budaya positif pada siswa oleh pihak sekolah di SD Negeri Jurug Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada kegiatan rutin yang dilakukan guru dan siswa kelas IV dalam menerapkan budaya tersebut, seperti menanamkan kebiasaan positif seperti berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membuat aturan dan kesepakatan bersama di dalam kelas, aturan tidak boleh berkata kasar atau jorok, menyanyikan lagu wajib nasional dan daerah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, pengamalan asmaul husna setiap hari jum’at, melibatkan siswa pada saat upacara bendera dan ekstrakurikuler, menuntut siswa berpikir kritis dalam mengemukaan ide-ide atau gagasan dalam pemecahan masalah, melakukan praktik-praktik untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran.
Downloads
References
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Persepektif Pendidikan dan Keguruan, X(1), 2.
Aryuna Kususma Tria Dewi, I. N. (2019). Implementasi Pendidikan Nialai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247.
Erlinda, E., & Zulfiati, H. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Secara Daring Siswa Kelas IV di SDN KEPEK II Saptosari Gunungkidul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an, 7(3).
Farhan Saefudin Wahid, d. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 556-557.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Handayani, T., & Hangestiningsih, E. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa di SD Karangmulyo Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an, 4(3).
Haris, A. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. AlMunawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64-82.
Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hasnadi. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 3(2), 56-70.
Kurnia Sari, N., & Dian Puspita , L. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS BANTARA, 2(1), 59.
Perdana, N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja. Edutech, 17(1).
Praheto, B., Sayekti, O., & Sudigdo, A. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Ajar Bahasa Jawa Tingkat SD Kurikulum DIY. Jurnal Sosiohumaniora, 2(1), 52-75.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasae, vol 2(1), 8.
Rahmatiya, I., & Zulfiati, H. (2020). Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme dan Patriotisme Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Singosaren Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an, 7(1).
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesia Values and Character Education Jurnal, 2(1), 38.
Suastra, I. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Siswa Untuk menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Indonesia. Jurnal Maha Widya Bhuwana, 1(1), 71-80.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta 2.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4, 220-234.
Taufiq, M. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Global; Penanaman Nilai dan Pendidikan Instruksional. TARBAWI, 7(1), 31-46.
Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Jurnal: LENTERA PENDIDIKAN, 22(1), 40-51.
Wiyani, N. (2013). Konsep, Praktik, & Strategi Membumikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.