Penerapan Budaya Positif dalam Mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV di SD Negeri Jurug Bantul

Authors

  • Nelly Agustina Agustina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Azizatun Nangimah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ida Megawati3 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.240

Keywords:

Budaya Positif, Profil Pelajar Pancasila, Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan budaya positif pada siswa oleh pihak sekolah di SD Negeri Jurug Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada kegiatan rutin yang dilakukan guru dan siswa kelas IV dalam menerapkan budaya tersebut, seperti menanamkan kebiasaan positif seperti berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membuat aturan dan kesepakatan bersama di dalam kelas, aturan tidak boleh berkata kasar atau jorok, menyanyikan lagu wajib nasional dan daerah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, pengamalan asmaul husna setiap hari jum’at, melibatkan siswa pada saat upacara bendera dan ekstrakurikuler, menuntut siswa berpikir kritis dalam mengemukaan ide-ide atau gagasan dalam pemecahan masalah, melakukan praktik-praktik untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Persepektif Pendidikan dan Keguruan, X(1), 2.

Aryuna Kususma Tria Dewi, I. N. (2019). Implementasi Pendidikan Nialai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247.

Erlinda, E., & Zulfiati, H. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Secara Daring Siswa Kelas IV di SDN KEPEK II Saptosari Gunungkidul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an, 7(3).

Farhan Saefudin Wahid, d. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 556-557.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Handayani, T., & Hangestiningsih, E. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa di SD Karangmulyo Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an, 4(3).

Haris, A. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. AlMunawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64-82.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasnadi. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 3(2), 56-70.

Kurnia Sari, N., & Dian Puspita , L. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS BANTARA, 2(1), 59.

Perdana, N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja. Edutech, 17(1).

Praheto, B., Sayekti, O., & Sudigdo, A. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Ajar Bahasa Jawa Tingkat SD Kurikulum DIY. Jurnal Sosiohumaniora, 2(1), 52-75.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasae, vol 2(1), 8.

Rahmatiya, I., & Zulfiati, H. (2020). Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme dan Patriotisme Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Singosaren Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an, 7(1).

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesia Values and Character Education Jurnal, 2(1), 38.

Suastra, I. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Siswa Untuk menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Indonesia. Jurnal Maha Widya Bhuwana, 1(1), 71-80.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta 2.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4, 220-234.

Taufiq, M. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Global; Penanaman Nilai dan Pendidikan Instruksional. TARBAWI, 7(1), 31-46.

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Jurnal: LENTERA PENDIDIKAN, 22(1), 40-51.

Wiyani, N. (2013). Konsep, Praktik, & Strategi Membumikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

15-05-2023

Scite_ Smart Citation

How to Cite

Penerapan Budaya Positif dalam Mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV di SD Negeri Jurug Bantul. (2023). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 13-18. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.240

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.