Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i2.497Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Matematika Sekolah DasarAbstract
Berdasarkan observasi awal di SD Negeri 34 Banda Aceh, ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Matematika belum mencapai standar KKTP. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek 16 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, serta tes hasil belajar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran Matematika melalui penerapan model Project Based Learning (PJBL). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan peserta didik pada setiap siklus, disertai dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar secara klasikal hingga melampaui kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan model PJBL terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV sekolah dasar.
Downloads
References
Aje, Ariswa Usman, 2022, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Division (STAD) & Team Games Tournament (TGT), Jawa Timur: Cv Azka Pustaka.
Amalia, Lola, dkk, 2023, Model Pembelajaran Kooperatif, Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Aprilia, Putri Nadia, dkk, 2023, Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Dengan Model Dan Media Inovatif, Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Arikunto, Suharsimi, 2010, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Askara.
Astuti, W., & Indianto, R. 2014. Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Pada Pokok Bahasan Perkalian. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi, 23(1).
Aton, Isro’, Dan Amelia Rosmala, 2021, Model-Model Pembelajaran Matematika, Jakarta: Bumi Askara.
Awaludin, Aulia Ar Rakhman, dkk, 2021, Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Matematika Di SD/ MI, Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Azizah,Aninda Nurul, 2019, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD”, Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2 (1 ), 194-204
Danim, Sudarwan, 2023, Riset Keperawatan Sejarah & Metodelogi, Jakarta : Egc.
Desawan, Endar, 2023, Pendekatan Saintific Dengan Model Kooperatif Tipe Stad Pada Operasi Hitung Campuran Kelas Iv , Jawa Tengah : Cahya Ghani Recovery.
Dewi, Putu Yulia Angga, dkk, 2021, Teori Dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/ MI, Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Djaramah, Dan Aswan Zain, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Pt Rineke Cipta.
Handayani, Suci, 2019, Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD Yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Hanifah, Nurdinah, 2014, Memahami Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Upi Press.
Haryanto, Jogiyanto, 2018, Metode Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, Andi Offset.
Hasan, Muhammad, dkk, 2021, Model Pembelajaran, Jawa Tengah: CV Tahta Media Group.
Haryanto, 2020, Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manjemen), Yogyakarta: Uny Press.
Hotimah, Dinda Husnul, 2022, Teks Laporan Hasil Observasi Dan Teks Eksposisi, Bogor : GUEPEDIA.
I, Wulandari. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4 (1).
Kholiq, Abdul Dan Ananta Vidya, 2022, Media Dan Sumber Belajar IPS, Yogyakarta: CV Ananta Vidya.
Kustantina, 2023, Model Pembelajaran Jigsaw Dan Stad Terhadap Pencapaian Karakter Dan Kemampuan Numerasi Siswa, Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Mahtumi, Ibnu, Dkk, 2022, Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning), Jawa Barat: Uwais Inspirasi Indonesia.
Malawi, Ibadullah Dan Endang Sri Maruti, 2016, Evaluasi Pendidikan, Magetan: Cv Ae Media Grafika.
Nurfadillah, Septy, dkk, 2021, Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, Dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran, Jawa Barat: Cv Jejak.
Paryanto, 2020, Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli, Malang: Ahlimedia Book.
Pramesti, Santika Lya Diah Dan Juwita Rini, 2020, Pembelajaran Matematika Sekolah, Pekalongan: Nem.
Rahmawati, Laili Etika Dan Miftakhul Huda, 2022, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Rifa’I, Ahmad Yasir, dkk, 2020, 28 Cara Senang Belajar Matematika, Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Rohmah, Situ Nur, 2021, Strategi Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Uad Press.
Roosinda, Fitri Widiyani, dkk, 2021, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Zahir Publishing.
Sembiring, Ribka Kariani Br, 2021, Model Pembelajaran Kooperatif TTW (Think Talk Write) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Dan Sikap Positif Siswa, Surabaya: Jakad Media Publishing.
Siyoto, Sandu Dan Muhammad Ali Sodik, 2015, Dasar Metodelogi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suardi, Moh, 2018, Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta : Deepublish.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D, Bandung :Alfabeta.
Sudjono, Anas, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumarni, 2020, Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar, Yogyakarta : Deepublish.
Supadi dan D. Hastuti, 2014, Cara Cepat & Mudah Taklukan Matematika SD, Jakarta: Indonesia Tera
Syafdaningsih, dkk, 2020, Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini, Jawa Barat: Edu Publisher.
Tosho, Gakko, 2023, Belajar Bersama Temanmu Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas Iv Volume 2 Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembukuan.
Triana, Juli, dkk, 2023, Inovasi Media Raih Sukses Mengajar, Jawa Tengah : Cahya Ghani Recoveri.
Wahab, Abdul, 2021, Media Pembelajaran Matematika, Pidie : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Warisman, 2022, Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Malang: Media Nusa Creativ.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khaira Nauval, Zikra Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.