Potret Pendidikan Dasar di Desa Jerol Kecamatan Aru Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.211Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran Pendidikan Dasar di Desa Jerol Kecamatan Aru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jumlah guru di SD Kristen Jerol masih sangat kurang. (2) Sarana dan Prasarana yang diperlukan dalam proses pembelajaran belum memadai. (3) Model pembelajaran Games Based Learning mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik. Melalui penelitian ini diharapkan pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama menaruh perhatian terhadap Pendidikan Dasar yang ada di daerah terpencil khususnya Desa Jerol.
Downloads
References
Abduh, Mohamad & Angga Basiru, Andika. (2022). Potret Pendidikan di Daerah Terpencil Kampung Manceri Cigudeg Kabupaten Bogor). 2(1), 291-300
Anas, Azwar Yusran & Riana, Wahyudi Agus. Desa dan Kota dalam Potret Pendidikan. 3(2), 301-444
Hasan. (2018). Kampung Pendidikan Dalam Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Desa Yang Berkarakter Berdaya Saing. 3(2), (135-146).
Rezqi Al Faresi, Muhammad. (2020). Pendidikan di Desa Terpencil atau Tertinggal. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (1-8)
Kabupaten Kepulauan Aru - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas 6 Fakta Menarik Kabupaten Kepulauan Aru, Miliki Keanekaragaman Hayati Tinggi - Lifestyle Liputan6.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bintang Lony Vera Victory
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.