Kajian Literatur: Permasalahan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.212Keywords:
Permasalahan Kemampuan Membaca, Sekolah Dasar, Kemampuan MembacaAbstract
Membaca adalah salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki setiap indidu dan biasanya kemampuan ini sudah dilatih sejak dini. Dengan memiliki kemampuan membaca, berbagai pengetahan lainnya dapat diperoleh engan mudah. Kemampuan membaca erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa dan dapat mempengaruhi aspek lainnya seperti kemampuan mengkomunikasikan ide dan gagasan. Tujuan membaca pada kelas rendah adalah untuk menyuarakan tulisan dengan intonasi yang wajar, mengupayakan agar siswa dapat mengenal dan membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dan kalimat demi kalimat dengan lafal yang tepat dan lancer. Adapun tujuan membaca pada kelas tinggi adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Penelitian dengan pendekatan kajian literatur ini bertujuan untuk mengkaji akar penyebab permasalahan kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar kelas tinggi dan menemukan solusinya.
Downloads
References
Latifah, Layli. (2017). Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Tinggi (Studi Kasus di MIM Pandansari). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Tusfiana, Intan Ayu & Tryanasari, Dewi. (2020). Kesulitan Membaca Pemahaman Siswa SD. Universitas PGRI Madiun.
Fauzi, Rizal Muhammad. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Mennetukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter (CLE). PGSD IKIP Siliwangi.
Rahayu, Risma Amalia & Riyadi, Arie Rakhmat. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. 3(2), 48-56.
Rahmi, Yulia & Marnola, Ilham. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Pembelajran Cooperative Integrated Reading And Compotion (CIRC). 4(3), 662-672.
Metode Membaca Mandiri Pada Kelas Tinggi - Tanoto FoundationKeterampilan Membaca di Kelas Tinggi dan Kelas Rendah Pengertian membaca (123dok.com)
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bintang Lony Vera Victory, Sumarah Suryaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.