Kajian Literatur: Permasalahan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Authors

  • Bintang Lony Vera Victory Universitas Pattimura
  • Sumarah Suryaningrum Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.212

Keywords:

Permasalahan Kemampuan Membaca, Sekolah Dasar, Kemampuan Membaca

Abstract

Membaca adalah salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki setiap indidu dan biasanya kemampuan ini sudah dilatih sejak dini. Dengan memiliki kemampuan membaca, berbagai pengetahan lainnya dapat diperoleh engan mudah. Kemampuan membaca erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa dan dapat mempengaruhi aspek lainnya seperti kemampuan mengkomunikasikan ide dan gagasan. Tujuan membaca pada kelas rendah adalah untuk menyuarakan tulisan dengan intonasi yang wajar, mengupayakan agar siswa dapat mengenal dan membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dan kalimat demi kalimat dengan lafal yang tepat dan lancer. Adapun tujuan membaca pada kelas tinggi adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Penelitian dengan pendekatan kajian literatur ini bertujuan untuk mengkaji akar penyebab permasalahan kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar kelas tinggi dan menemukan solusinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Latifah, Layli. (2017). Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Tinggi (Studi Kasus di MIM Pandansari). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Tusfiana, Intan Ayu & Tryanasari, Dewi. (2020). Kesulitan Membaca Pemahaman Siswa SD. Universitas PGRI Madiun.

Fauzi, Rizal Muhammad. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Mennetukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter (CLE). PGSD IKIP Siliwangi.

Rahayu, Risma Amalia & Riyadi, Arie Rakhmat. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. 3(2), 48-56.

Rahmi, Yulia & Marnola, Ilham. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Pembelajran Cooperative Integrated Reading And Compotion (CIRC). 4(3), 662-672.

Metode Membaca Mandiri Pada Kelas Tinggi - Tanoto FoundationKeterampilan Membaca di Kelas Tinggi dan Kelas Rendah Pengertian membaca (123dok.com)

Published

30-11-2022

How to Cite

Kajian Literatur: Permasalahan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. (2022). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 12-16. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2.212