Percakapan Sederhana: Sebuah Pendekatan Inovatif Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Yohanes Paulus Silli Bataona Universitas San Pedro
  • Angelina Christin O. Rosari Lake Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.126

Keywords:

Percakapan Sederhana, Inovasi, Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Abstract

Dunia pendidikan hari ini menampilkan sebuah fakta bahwa kebanyakan siswa atau mahasiswa meskipun sudah melewati pembelajaran bahasa Inggris di beberapa jenjang pendidikan sebelumnya, akan tetapi belum memiliki cukup ketrampilan untuk berbicara bahasa Inggris. Mereka banyak mengantongi kosa kata Bahasa Inggris, akan tetapi sulit memulai pembicaraan atau merangkainya menjadi kalimat-kalimat percakapan. Dari persoalan ini, penulis melihat bahwa perlu adanya inovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas yang diciptakan oleh guru atau dosen pengasuh bahasa Inggris agar para peserta didik boleh latih berbicara bahasa Inggris dengan cara yang sederhana dan berhasil guna. Tulisan ini mengintegrasikan landasan teoritis dan empiris berkaitan dengan pendekatan inovatif dengan tujuan meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Inggris para peserta didik melalui percakapan sederhana.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asato, M. 2003. Challenge and Change for EFL Oral Communication Instruction. A Teacher Document. (ERIC Document Reproduction Service No. ED 475 020).
Brennan. 2010. Professionalism. International Journal of Dermatology. TOC.
Burns and Joyce. 1997. Focus on Speaking. IS MU.
Cameron, Lynne. 2001. Teaching Languages for Young Learners. Cambridge University Press.
Craft, A., Jeffrey, B., & Leibling, M. 2001. Creativity in Education. Continuum International Publishing Group.
Florez. 1999. Improving Adult English Language Learner’s Speaking Skill. National Center Literacy.
Hilferty. 2005. Cognitive Linguistics and Lexical Change: Motion Verbs from Latin. Arcadia Publishing.
Jeffrey, B., & Craft, A. 2006. Creative learning and possibility thinking. In B. Jeffrey (Ed.), Creative learning practices (pp 47-62). London: Tufnell Press.
Nunan. 1999. Second Language Teaching and Learning. Toronto Book Press.
Oprandy. 1994. Creative Use of Literature in Language Teaching. Oxford University Press.
Patty, Servas. 2015. Follow the Simplest Way – Book 1 & 2. Kupang: SMF.
Rivers. 1981. Teaching Foreign Language Skills. University of Chicago Press.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan keempat. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Talajan, Guntur. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru. LaksBang. Yogyakarta.
Trachsel & Severino. 2004. Speaking Skills. University of Lowa Press.
Worden. 1970. Behavioral Study. USA.

Published

20-05-2021

How to Cite

Percakapan Sederhana: Sebuah Pendekatan Inovatif Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 80-90. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.126