Percakapan Sederhana: Sebuah Pendekatan Inovatif Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.126Keywords:
Percakapan Sederhana, Inovasi, Keterampilan Berbicara Bahasa InggrisAbstract
Dunia pendidikan hari ini menampilkan sebuah fakta bahwa kebanyakan siswa atau mahasiswa meskipun sudah melewati pembelajaran bahasa Inggris di beberapa jenjang pendidikan sebelumnya, akan tetapi belum memiliki cukup ketrampilan untuk berbicara bahasa Inggris. Mereka banyak mengantongi kosa kata Bahasa Inggris, akan tetapi sulit memulai pembicaraan atau merangkainya menjadi kalimat-kalimat percakapan. Dari persoalan ini, penulis melihat bahwa perlu adanya inovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas yang diciptakan oleh guru atau dosen pengasuh bahasa Inggris agar para peserta didik boleh latih berbicara bahasa Inggris dengan cara yang sederhana dan berhasil guna. Tulisan ini mengintegrasikan landasan teoritis dan empiris berkaitan dengan pendekatan inovatif dengan tujuan meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Inggris para peserta didik melalui percakapan sederhana.
Downloads
References
Brennan. 2010. Professionalism. International Journal of Dermatology. TOC.
Burns and Joyce. 1997. Focus on Speaking. IS MU.
Cameron, Lynne. 2001. Teaching Languages for Young Learners. Cambridge University Press.
Craft, A., Jeffrey, B., & Leibling, M. 2001. Creativity in Education. Continuum International Publishing Group.
Florez. 1999. Improving Adult English Language Learner’s Speaking Skill. National Center Literacy.
Hilferty. 2005. Cognitive Linguistics and Lexical Change: Motion Verbs from Latin. Arcadia Publishing.
Jeffrey, B., & Craft, A. 2006. Creative learning and possibility thinking. In B. Jeffrey (Ed.), Creative learning practices (pp 47-62). London: Tufnell Press.
Nunan. 1999. Second Language Teaching and Learning. Toronto Book Press.
Oprandy. 1994. Creative Use of Literature in Language Teaching. Oxford University Press.
Patty, Servas. 2015. Follow the Simplest Way – Book 1 & 2. Kupang: SMF.
Rivers. 1981. Teaching Foreign Language Skills. University of Chicago Press.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan keempat. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Talajan, Guntur. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru. LaksBang. Yogyakarta.
Trachsel & Severino. 2004. Speaking Skills. University of Lowa Press.
Worden. 1970. Behavioral Study. USA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.