Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah artikel yang dikirimkan kepada redaksi, belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada media publikasi lainnya; dibuktikan dengan surat pernyataan penulis.
  • Naskah artikel wajib diketik sesuai dengan article template di portal elektronik Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar jurnal Edukasi Tematik.
  • Artikel dapat ditulis menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  • Panjang artikel maksimal 10-18 halaman (tidak termasuk daftar pustaka)
  • Artikel disajikan dengan 9 komponen, yaitu: Judul, Identitas Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup, dan Daftar Pustaka.
  • Tubuh artikel diketik menggunakan menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1,15 spasi.

Author Guidelines

Kebijakan Pengelola

  1. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar hanya menerbitkan naskah artikel penelitian (research article) di bidang Pendidikan Sekolah Dasar yang sudah dicantumkan di laman focus and scope.
  2. Naskah artikel wajib diketik sesuai dengan article template di portal elektronik Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar jurnal Edukasi Tematik. 
    Unduh article template
  3. Naskah artikel yang dikirimkan kepada redaksi, belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada media publikasi lainnya; dibuktikan dengan surat pernyataan penulis.
    Unduh Surat Pernyataan Orisinalitas Karya

Persyaratan Umum

  1. Artikel dapat ditulis menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  2. Panjang artikel maksimal 10-18 halaman (tidak termasuk daftar pustaka)
  3. Setiap artikel akan diuji plagiasi.
  4. Artikel disajikan dengan 9 komponen, yaitu: Judul, Identitas Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup, dan Daftar Pustaka.
  5. Tubuh artikel diketik menggunakan menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1,15 spasi.

Komponen Artikel

  1. Judul. Judul diketik dalam bahasa Indonesia, menggunakan huruf kapital penuh, tidak lebih dari 20 kata. Menggunakan jenis huruf book antiqua, 14pt, jarak antar baris 1 Spasi.
  2. Identitas Penulis. Identitas penulis berkaitan dengan nama penulis, nama institusi (afiliasi), dan alamat email penulis. diketik di bawah judul. Nama penulis diketik menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1 spasi, dan ditebalkan (bold). Nama Institusi dan Alamat Email penulis diketik di bawah nama penulis menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1 spasi.
  3. Abstrak. Abstrak pada dasarnya disajikan untuk memberikan gambaran mengenai penelitian yang dilaksanakan. Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, diketik dalam 1 paragraf, menggunakan jenis huruf times new roman, 11pt, jarak antar baris 1 spasi, maksimal 300 kata, berisi pokok-pokok penelitian, seperti tujuan, metode, dan hasil penelitian.
  4. Kata Kunci. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dipisahkan dengan tanda koma (,) maksimal 5 kata atau frasa, dan merupakan substansi dari penelitian yang dilakukan. Kata kunci juga sebaiknya disebutkan dalam judul. Diketik spasi ganda di bawah abstrak, menggunakan jenis huruf times new roman, 11pt.
  5. Pendahuluan. Pendahuluan berisi latar belakang masalah, urgensi dan rasionalisasi kegiatan, tinjauan pustaka, rencana pemecahan masalah, tujuan kegiatan, dan pengembangan hipotesis (jika ada). Diketik menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1,15 spasi.
  6. Metode Penelitian. Berisikan desain metode penelitian yang digunakan, sumber data, dan prosedur pelaksanaannya. Alat, bahan, media atau instrumen penelitian harus dijelaskan dengan baik. Jika perlu dan penting, penulis dapat melampirkan kisi-kisi dari instrumen atau penggalan bahan yang digunakan sekedar memberikan contoh bagi para pembaca. Diketik menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1,15 spasi.
  7. Hasil dan Pembahasan. Hasil penelitian disajikan dengan lengkap dan sesuai ruang lingkup penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Tabel dan gambar diberi nomor dan judul. Hasil analisis data dimaknai dengan benar. Bagian pembahasan memaparkan hasil penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. Diketik menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1,15 spasi.
  8. Penutup. Penutup berisi kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan. Diketik menggunakan jenis huruf times new roman, 12pt, jarak antar baris 1,15 spasi.
  9. Daftar Pustaka. Memuat sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80% pustaka berupa jurnal terbitan 10 tahun terakhir dan buku referensi. Daftar pustaka ditulis sesuai yang disusun sesuai dengan American Psychological Association (APA) Edisi Keenam. Kutipan pustaka menggunakan referens manager seperti mendely, Zetero, Andnote. Daftar pustaka ditulis pada bagian akhir artikel dengan jenis dan ukuran huruf sama dengan tubuh artikel.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka (Versi American Psychological Association)

(Jenis: artikel jurnal satu pengarang)
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna, 3(1), 12-27.

(Jenis: artikel jurnal lebih dari satu pengarang)
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47-66.

(Jenis: buku satu pengarang)
Madya, S. (2011). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

(Jenis: buku dua pengarang)
Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics (Fifth ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

(Jenis: e-book)
Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How people learn: Brain, mind, experience and schoolRetrieved from https://www.nap.edu/catalog/9853/how-people-learn-brain-mind-experience-and-school-expanded-edition

(Jenis: book section)
Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. dalam L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

(Jenis: buku yang diterjemahkan)
Schunk, D. H. (2012b). Learning theories an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012).

(Jenis: buku author sama dengan penerbit)
American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.

(Jenis: prosiding)
Retnowati, E. (2012, 24-27 November). Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conference of STEM in Education, Beijing Normal University, China.

(Jenis: artikel daring/online)
Purdue Online Writing Lab. (27/03/2015). APA Style. Reference list: Electronic sources (web publications). Dikutip pada 12 Maret 2017 dari https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/10/ pada tanggal 5 Juni 2017.

(Jenis: dokumen hukum perundangan)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2016 No. 22, Penilaian Autentik di Sekolah Dasar.

(Jenis: dokumen buku pedoman/laporan institusi pemerintah/organisasi)
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Privacy Statement

Nama dan alamat email dalam situs ini akan digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan korespondensi jurnal, dan tidak digunakan untuk keperluan selain jurnal.